PERBEDAAN HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS XI IPA ANTARA MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK DAN TANPA MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK

Hafif Prasetyo, Hafif Prasetyo (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS XI IPA ANTARA MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK DAN TANPA MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Hafif Prasetyo 08520244057.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PERBEDAAN HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS XI IPA ANTARA MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK DAN TANPA MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK Oleh: Hafif Prasetyo NIM. 08520244057 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar TIK pokok bahasan internet pada siswa kelas XI IPA antara yang menggunakan social network dan tanpa menggunakan social network di SMA Negeri 2 Ngaglik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan social network dan kelas kontrol tanpa diberi perlakuan pembelajaran dengan social network. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa pilihan ganda yang diberikan sebelum pembelajaran/pretest dan sesudah pembelajaran/posttest. Sebelum di gunakan penelitian soal di uji validitas dan uji reliabilitas terlebih dahulu. Karena syarat data normal dan homogen maka digunakan statistik parametris uji t. Hasil penelitian meunjukan bahwa penggunaan social network dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai pretest dari kelompok eksperimen dan kontrol didapat bahwa tidak ada perbedaan hasil sebelum pembelajaran/perlakuan. Namun sesudah perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan social network hasilnya lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang tanpa menggunakan media social network yang dapat ditunjukan dengan nilai t hitung > ttabel yaitu 5,280 > 2,001. Sedangkan pada kelas eksperimen dari uji hipotesis rata-rata nilai pretest dan postest yang dapat ditunjukan dengan nilai rata-rata pretest < nilai rata-rata posttest yaitu 69,80 < 80,27 yaitu berarti terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Kata kunci : hasil belajar, social network, teknologi informasi dan komunikasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 10:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40618

Actions (login required)

View Item View Item