PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SUMBER ZAT ENERGI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 SURAKARTA

Kalukiningrum, Sarwinda (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SUMBER ZAT ENERGI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 SURAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SARWINDA KALUKININGRUM.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SUMBER ZAT ENERGI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 SURAKARTA Oleh: Sarwinda Kalukiningrum NIM. 13511247003 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prosedur pengembangan modul sumber zat gizi pada mata pelajaran ilmu gizi, (2) kelayakan modul sumber zat gizi yang digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran ilmu gizi, dan (3) peningkatan pemahaman siswa SMK Negeri 4 Surakarta pada materi sumber zat energi menggunakan modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang dosen ahli media, 1 orang dosen ahli materi, dan 32 siswa tata boga kelas X di SMK Negeri 4 Surakarta. Jenis instrumen yang digunakan pada penelitian pengembangan modul pembelajaran sumber zat energi berupa kuesioner atau angket adalah lembar penilaian untuk validator ahli materi, validator ahli media, dan siswa yang digunakan untuk menggali data sesuai dengan tujuan dari peneliti. Validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Croncbach nilai koefisien reliabilitas tes evaluasi modul pembelajaran sebesar 0,939 dan modul pembelajaran sebesar 0,916 lebih besar dari 0,600. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) pengembangan pembelajaran sumber zat gizi pada mata pelajaran ilmu gizi diawali dengan tahap define meliputi observasi dan pengumpulan referensi, selanjutnya melalui tahap design meliputi perancangan modul dan penyusunan modul, dilanjutkan tahap development dengan melakukan validasi ahli materi dan ahli media, revisi modul, hasil uji coba instrumen kelayakan modul, hasil peningkatan pemahaman, dan yang terakhir tahap desimination yaitu uji coba instrumen dan pengambilan data; (2) kelayakan modul pembelajaran sumber zat energi untuk digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran ilmu gizi. Penilaian dari ahli materi adalah baik; dan penilaian ahli media adalah baik; dan (3) terjadi peningkatan pemahaman siswa SMK Negeri 4 Surakarta hal ini ditunjukkan dari dari nilai rata-rata pada posttest lebih besar dari pada nilai rata-rata pada pretest (27,313>23,625), dan ketuntasan siswa pada posttest lebih besar dari pada ketuntasan siswa pada pretest (100%>59,75%). Kata kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Sumber Zat Energi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:08
Last Modified: 30 Jan 2019 10:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40614

Actions (login required)

View Item View Item