LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SRANDAKAN Jalan Pandansimo KM.1, Trimurti, Srandakan, Bantul, Yogyakarta

FINDHIRA RETIYANI, FINDHIRA RETIYANI (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SRANDAKAN Jalan Pandansimo KM.1, Trimurti, Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL FINDHIRA BIOLOGI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta adalah salah satu program wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa program kependidikan. Tujuan dari diselenggarakannya program PPL ini mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman yang cukup untuk dijadikan bekal ketika kelak bergelut di dunia pendidikan yang sebenarnya. Salah satu tim yang diterjunkan ke sekolah adalah tim PPL UNY di SMA N 1 Srandakan yang terletak di Jalan Pandansimo KM.1, Trimurti, Srandakan, Bantul Yogyakarta. Di sekolah inilah mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program sekolah. Di sinilah akan tampak peran mahasiswa sebagai inovator, mediator sekaligus problem solver bagi sekolah. Kegiatan pelaksanaan PPL di mulai dari tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014. Tahap kegiatannya dimulai dengan observasi sekolah, perencanaan program, konsultasi program dengan pihak sekolah dan DPL serta penetapan program sebagai kegiatan terakhir. Adapun hasil pelaksanaan PPL yang ditempatkan di SMA N 1 Srandakan selama kurang lebih 10 minggu ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah. Namun demikian, masih terdapat hambatan-hambatan selama pelaksanaannya. Hambatan tersebut adalah kurang sesuainya program kerja dengan agenda yang ada di sekolah. Program PPL ini selain menjadi wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi salah satu usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nila-nilai kependidikan kepada sekolah yang bersangkutan. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa selama PPL, tetapi juga dapat melakukan transfer of value.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:56
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40606

Actions (login required)

View Item View Item