Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP kelas VIII Semester Genap Berbasis Reciprocal Teaching Berorientasi pada Prestatsi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, dan Antusiame Belajar Siswa.

Afdhal, Muhammad (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP kelas VIII Semester Genap Berbasis Reciprocal Teaching Berorientasi pada Prestatsi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, dan Antusiame Belajar Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-afdhal-14709259006.swf

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika untuk siswa kelas VIII SMP berbasis reciprocal teaching yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat Pembelajaran ini terdiri atas RPP dan LKS yang berorientasi pada: prestasi belajar siswa, kemampuan berpikir kritis matematis, dan antusiasme balajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Tahapan pengembangan yang dilakukan meliputi: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Uji coba dilakukan dalam tiga tahap yaitu: (1) uji coba ahli/validasi ahli, (2) uji coba terbatas, dan (3) uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar instrumen tes prestasi belajar, lembar instrumen tes berpikir kritis matematis, dan lembar angket antusiasme belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan mengonversi total skor data kuantitatif yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII SMPN 24 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis reciprocal teaching yang dikembangkan telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan ditinjau dari prestasi, kemampuan berpikir kritis matematis, dan antusiasme belajar siswa. Kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil validasi ahli yang menunjukkan bahwa RPP dan LKS berada dalam kategori valid berdasarkan analisis Aiken dengan indeks pada RPP sebesar 0,63 dan LKS sebesar 0,62. Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari penilaian guru dan siswa terhadap RPP dan LKS berada pada kategori mudah dilaksanakan dan keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa lebih dari 80%. Keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditunjukkan dari hasil uji coba lapangan. Persentase ketuntasan tes prestasi dan berpikir kritis matematis secara klasikal berturut-turut sebesar 86,67% dan 80,00%. Selanjutnya, berdasarkan hasil penilaian angket, persentase siswa yang memiliki antusiasme minimal pada kategori tinggi mencapai 88,89%

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran matematika, reciprocal teaching, kemampuan berpikir kritis matematis, antusiasme balajar
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:42
Last Modified: 25 Aug 2016 01:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40601

Actions (login required)

View Item View Item