KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP RUANG BELAJAR TERBUKA DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Rista Sara, Prasetyawati (2016) KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP RUANG BELAJAR TERBUKA DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rista Sara Prasetyawati_12101244029.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kepuasan mahasiswa terhadap ruang belajar terbuka di Universitas Negeri Yogyakarta. 2) saran yang diberikan oleh mahasiswa untuk perbaikan ruang belajar terbuka di Universitas Negeri Yogyakarta sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, yaitu sebanyak 24.105. Sampel diambil berdasarkan rumus slovin dengan “sampling error” 5% sehingga didapatkan sampel berjumlah 420 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan univariate analysis of the satisfaction atributes yaitu analisis dengan cara memetakan distribusi frekuensi pada aspek-aspek kepuasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pada aspek fitur secara umum mayoritas mahasiswa menyatakan puas, skor tertinggi diraih dalam hal ketersediaan fasilitas pendukung (meja, kursi/lounge, wifi, dan lain-lain), dan skor terendah dicapai dalam hal ketersediaan jaringan (signal) untuk handphone, masing-masing yaitu 2,64 dan 1,98. 2) pada aspek reliabilitas dan keandalan secara umum mayoritas mahasiswa menyatakan tidak puas, skor tertinggi diraih dalam hal ketercukupan spot ruang belajar terbuka, skor terendah dicapai dalam hal ketercukupan daya tampung pada setiap ruang belajar terbuka, masing-masing yaitu 2,47 dan 2,34. 3) pada aspek desain dan estetika secara umum mayoritas mahasiswa menyatakan puas, skor tertinggi diraih dalam hal desain atau penataan ruang belajar terbuka, dan skor terendah dalam hal relevansi desain ruang belajar terbuka dengan kebutuhan mahasiswa, masing-masing yaitu 2,49 dan 2,40. 4) pada aspek kenyamanan secara umum mayoritas mahasiswa menyatakan puas, skor tertinggi diraih dalam hal keasrian ruang belajar terbuka, dan skor terendah dalam hal ketenangan ruang belajar terbuka, masing-masing yaitu 2,68 dan 2,30. 5) pada aspek kondisi lingkungan/fisik secara umum mayoritas mahasiswa puas dengan penerangan dan/atau pencahayaan di ruang belajar terbuka, dan tidak puas dalam hal ketersediaan listrik, stop kontak, lampu, saluran air, taman, dan lainlain. Skor masing-masing yaitu 2,66 dan 1,94. 6) pada aspek perlindungan kepentingan umum mayoritas mahasiswa menyatakan tidak puas, dengan perolehan skor masing-masing 2,02.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:31
Last Modified: 30 Jan 2019 10:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40597

Actions (login required)

View Item View Item