Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa SMA

Oktavia, Farida Yuda (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-farida-yuda-oktavia-14726251009.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran fisika berbasis model PBL berdasarkan hasil penilaian ahli dan uji coba lapangan, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa yang menerapkan perangkat pembelajaran fisika berbasis model problem based learning, dan (3) mendeskripsikan perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa di kelas yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model PBL dengan yang menggunakan perangkat pembelajaran fisika yang biasa digunakan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) Borg & Gall yang langkah-langkahnya dibatasi pada: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk awal, (4) revisi pertama, (5) uji coba lapangan pendahuluan, (6) revisi kedua, (7) uji coba lapangan utama, dan (8) revisi produk akhir. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, angket, dan tes. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar wawancara guru, lembar validasi, lembar observasi pengelolaan pembelajaran, lembar angket respon siswa, dan soal tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Kalasan. Responden dalam penelitian ini sebanyak 85 orang, terdiri dari 5 orang validator, 24 siswa pada uji coba terbatas, dan 52 siswa pada uji coba luas. Kelayakan perangkat pembelajaran dianalisis menggunakan konversi skor ke dalam 4 kategori kuantitatif. Keefektifan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa dianalisis dengan skor gain dan multivariate analysis of variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk perangkat pembelajaran fisika berbasis model PBL layak untuk pembelajaran fisika, (2) perangkat pembelajaran fisika hasil pengembangan memenuhi kriteria efektif dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa, dan (3) peningkatan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa di kelas yang menerapkan perangkat pembelajaran berbasis model PBL lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan perangkat pembelajaran fisika yang biasa digunakan oleh guru

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran fisika, problem based learning, kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:32
Last Modified: 09 May 2019 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40596

Actions (login required)

View Item View Item