EVALUASI PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDUKUNG RAMAH LINGKUNGAN PADA PROGRAM ADIWIYATA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Risky, Novitantia (2016) EVALUASI PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDUKUNG RAMAH LINGKUNGAN PADA PROGRAM ADIWIYATA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Risky Novitantia_12101241050.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengelolaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan pada program Adiwiyata di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif. Model evaluasi yang digunakan adalah Goal Oriented. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, tim Adiwiyata, guru IPA, guru IPS, pembina UKS, ketua OSIS, ketua PMR. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu interactive model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ketersediaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan telah dilakukan secara efektif sesuai dengan standar pelaksanaan program Adiwiyata yang meliputi (a) Tersedia enam sarana dan prasarana untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup mencakup air bersih, tempat sampah terpisah, tempat pembuangan air limbah, alat komposter, ruang terbuka hijau, dan sarana ruang musik yang dilengkapi dengan peredam kebisingan. (b) Tersedia enam sarana dan prasarana untuk mendukung pembelajaran lingkungan hidup mencakup sarana pemanfaatan limbah air wudhu, Green House, TOGA, kolam ikan, biopori, dan komposter. (2) Pemeliharaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan telah dilakukan secara efektif sesuai dengan standar pelaksanaan program Adiwiyata mencakup kegiatan pengaturan pencahayaan yang tepat dan ventilasi udara yang alami, melakukan pemeliharaan pohon peneduh secara rutin dan fleksibel, menggunakan paving block, serta membentuk struktur organisasi pengelola sarana dan prasarana ramah lingkungan (3) Pemanfaatan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan belum dilakukan secara efektif, terutama pada pemanfaatan sarana kantin sekolah. Kantin belum terkelola dengan baik sesuai dengan standar kantin sehat yang ramah pada program Adiwiyata.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 10:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40594

Actions (login required)

View Item View Item