Pengaruh Kegiatan Unit Produksi, Pengalaman Prakerin, Bimbingan Karier Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik SMK Bidang TIK Di Kota Yogyakarta

Sayekti, Imanaji Hari (2016) Pengaruh Kegiatan Unit Produksi, Pengalaman Prakerin, Bimbingan Karier Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik SMK Bidang TIK Di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-imanaji-hari-sayekti-14702251014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan unit produksi, pengalaman prakerin, dan bimbingan karier terhadap kesiapan kerja peserta didik SMK bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kota Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Subjek peneltian ini adalah peserta didik kelas XII yang telah terlibat dalam unit produksi di SMK kota Yogyakarta khusus bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi sejumlah 85 peserta didik. Pengambilan data menggunakan angket dengan model skala Likert dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan empat temuan. (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan unit produksi, pengalaman prakerin, dan bimbingan karier secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja peserta didik SMK bidang TIK di kota Yogyakarta pada taraf signifikan 0,000 ≤ 0,05 dan kontribusi terhadap kenaikan pada kesiapan kerja sebesar 64,2%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan unit produksi terhadap kesiapan kerja peserta didik SMK bidang TIK pada taraf signifikan 0,000 ≤ 0,05 dan kontribusi terhadap kenaikan kesiapan kerja sebesar 44,0%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari pengalaman prakerin terhadap kesiapan kerja peserta didik SMK bidang TIK pada taraf signifikan 0,000 ≤ 0,05 dan kontribusi terhadap kenaikan kesiapan kerja sebesar 46,0%. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan dari bimbingan karier terhadap kesiapan kerja peserta didik SMK bidang TIK pada taraf signifikan 0,000 ≤ 0,05 dan kontribusi terhadap kenaikan kesiapan kerja sebesar 59,8%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kegiatan unit produksi, pengalaman prakerin, bimbingan karier, kesiapan kerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:23
Last Modified: 24 Aug 2022 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40592

Actions (login required)

View Item View Item