STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN DAERAH DI KABUPATEN PURWOREJO

Nurvita, Hardiana (2016) STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN DAERAH DI KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nurvita Hardiana_12101241053.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi promosi di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Purworejo meliputi: 1) bentuk kegiatan promosi; 2) proses kegiatan; 3) faktor penghambat; 4) upaya untuk mengatasi hambatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala seksi perpustakaan, dua tenaga perpustakaan, dan empat pengunjung perpustakaan. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian yaitu: 1) bentuk kegiatan promosi dilakukan dengan layanan perpustakaan keliling ke sekolah dan desa setiap hari sesuai jadwal, mobil pintar ke sekolah dasar setiap satu minggu sekali, mengikuti pameran buku di Pemkab Purworejo setiap tahun, sosialisasi ke sekolah dan desa berdampingan dengan pembinaan, pelatihan kepada pengelola perpustakaan sekolah setiap tahun, kegiatan insidental bazar buku di depan gedung perpustakaan, pembuatan dan penyebaran brosur bersamaan kegiatan pameran. 2) proses kegiatan promosi meliputi: a) perencanaan dilakukan oleh kepala seksi perpustakaan dengan langkah awal menganalisis laporan, menetapkan target sasaran yaitu pelajar dan masyarakat umum, penyusunan Renja, serta perencanaan anggaran dari PAD tanpa terlepas dari wewenang Kantor Arpusda; b) pelaksanaan promosi dengan memperkenalkan keberadaan Perpusda dan bahan koleksi yang dimiliki, serta memberikan kegiatan menarik seperti keterampilan dan permainan edukatif, menggunakan media cetak berupa brosur dan elektronik berupa website; c) evaluasi dilakukan dalam bentuk laporan bulanan. 3) hambatan kegiatan promosi berupa: a) kurangnya tenaga dan pengetahuan pegawai akan ilmu perpustakaan; b) keterbatasan anggaran; c) minimnya teknologi informatika; d) lokasi dan tampilan fisik perpustakaan kurang menarik minat pengunjung. 4) upaya mengatasi hambatan yaitu: a) mengikutsertakan pegawai dalam pelatihan, diklat, dan bimptek setiap tahunnya untuk meningkatkan pengetahuan pegawai; b) upaya mengatasi hambatan keterbatasan anggaran dan teknologi informatika yaitu menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah maupun instansi lainnya seperti sekolah, Depdikbudpora, Kantor Arsip Semarang dan Jakarta, UPT, instansi khusus seperti Kejaksaan dan Pengadilan Negeri, distributor buku, Coca Cola Foundation Indonesia; c) mendirikan gedung perpustakaan baru di tahun 2017.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:23
Last Modified: 30 Jan 2019 10:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40591

Actions (login required)

View Item View Item