PREFERENSI SISWA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA YOGYAKARTA

Isna, Muslikah (2016) PREFERENSI SISWA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ISNA MUSLIKAH_12101241019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aspek yang paling banyak dipilih sebagai prioritas siswa dalam menggunakan dan mengunjungi perpustakaan, dan (2) gambaran preferensi siswa terhadap lima aspek perpustakaan yaitu sumber daya, petugas perpustakaan, layanan, petunjuk/bimbingan, dan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini yaitu siswa dari SMP Negeri 3 Yogyakarta, SMP Negeri 13 Yogyakarta dan SMP Negeri 14 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportionate random sampling, diperoleh sampel sebanyak 94 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Skala angket yang digunakan yaitu skala rangking dipaksakan/forced rangking scale dan teknik analisis data menggunakan mean values of ordinal data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aspek yang menjadi prioritas siswa ketika mengunjungi dan menggunakan perpustakaan berdasarkan perhitungan mean secara berturut-turut adalah a) sumber daya (2,40), b) lingkungan (2,84), c) petugas perpustakaan (3,03), d) petunjuk/bimbingan (3,35) , dan e) layanan (3,37). (2) Gambaran preferensi siswa terhadap aspek sumber daya yaitu a) koleksi sesuai dengan kebutuhan (2,05): menunjang tugas dan ektrakulikuer, b) memiliki koleksi rekreasi (2,10): bervariasi, c) koleksi mutakhir (2,51): diperbaharui minimal satu tahun sekali, d) koleksi CD/DVD (3,34): dilengkapi peralatan pemutar, diberi tema islami dan pendidikan. Terhadap aspek lingkungan: a) tenang (2,69): dekat ruang guru, b) pencahayaan (3,42): penerangan ditambah, c) sirkulasi udara (3,61): ditambah AC/kipas, d) ada tempat belajar (4,10): jumlahnya mencukupi, e) lokasi strategis (4,13): mudah dijangkau, f) kebersihan (4,37): dibersihkan setiap hari, g) warna cat (5,65): cerah. Terhadap aspek petugas perpustakaan: a) ramah dan sopan (2,11): salam dan sapa siswa, b) mengerti kebutuhan (2,38): aktif bertanya kepada siswa, c) sigap dan cepat (2,71): selalu standby, d) terampil mengelola perpustakaan (2,78): menata dan merapikan buku. Terhadap aspek petunjuk/bimbingan: a) tata tertib (2,14): jelas, mudah dilihat, b) tanda petunjuk arah (2,29): diberi tanda panah, daftar jenis buku, c) kegiatan pendidikan pemakai (2,72): rutin diadakan, d) komputer pencarian (2,82): disediakan. Terhadap aspek layanan: a) jam buka (2,18): dari masuk hingga pulang sekolah, b) mudah mencari koleksi (2,25): lebih rapi agar tidak terselip, c) informasi koleksi baru (2,60): di display, d) ada kegiatan lomba, seminar dan sejenisnya (2,95): ulang tahun sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:19
Last Modified: 30 Jan 2019 10:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40588

Actions (login required)

View Item View Item