Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Yogyakarta

Andarti, Yustina Widhi (2016) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yustina-widhi-andarti-13730259010.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Yogyakarta dengan penerapan model pembelajaran berbasis portofolio. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart sistem spiral refleksi diri yang dimulai dengan langkah: 1) rencana, 2) tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi, kemudian perencanaan kembali. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Yogyakarta dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Berdasarkan pengamatan, kelas tersebut menunjukkan kecenderungan pasif dan tidak kondusif serta test awal menunjukkan hasil belajar yang masih rendah. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Faktor yang diteliti adalah 1) respon siswa terhadap pembelajaran PKn dan 2) aktivitas siswa dalam kelompok dan 3) pemahaman siswa terhadap KD 3.3 Mentaati peraturan perundangan nasional dengan menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio. Teknik pengumpulan data menggunakan empat instrumen yaitu observasi, angket, soal tes dan penilaian portofolio. Analisis data dilakukan dengan analisis desktipstif kualitatif untuk motivasi belajar serta kuantitatif untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Yogyakarta. Hal ini dilihat dari kondisi awal siswa yang mencapai kriteria sangat aktif hanya 6,1 %, kemudian meningkat menjadi 12,1% pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 33,3% dan di akhir siklus III terjadi peningkatan significan yaitu 93,9 %. Sedangkan untuk hasil belajar, saat pre tes belum ada atau (0%) siswa yang mencapai ketuntasan minimal yaitu telah meraih 76 ke atas, setelah penerapan model pembelajaran berbasis portofolio terjadi peningkatan di siklus I ada 18,2 % siswa, di siklus II mencapai 54 % dan di siklus III mencapai 90,9 %. Hasil belajar dari penilaian dokumen portofolio nilai rata-rata keseluruhan kelompok saat siklus I 51,2, kemudian pada siklus II 75,9 dan siklus III 89,4, serta hasil penilaian presentasi lisan pada siklus I dengan nilai 53,8, pada siklus II nilai rata-rata 76,4 dan peningkatan signifikan pada siklus III nilai rata-rata 91,6

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kewarganegaraan, model pembelajaran berbasis portofolio, motivasi, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:19
Last Modified: 09 May 2019 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40586

Actions (login required)

View Item View Item