PERMASALAHANDALAMPENGELOLAANPENDIDIKANINKLUSIF DISEKOLAHDASARNEGERIPIYAMANIII KECAMATANWONOSARIKABUPATENGUNUNGKIDUL

FebrianaNur, Umami (2016) PERMASALAHANDALAMPENGELOLAANPENDIDIKANINKLUSIF DISEKOLAHDASARNEGERIPIYAMANIII KECAMATANWONOSARIKABUPATENGUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Febriana Nur Umami_12101241006.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan permasalahan dalam pengelolaanpendidikaninklusifdanupaya sekolahuntukmengatasi permasalahan dalam pengelolaan pendidikan inklusif dari aspek manajemen sekolah, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, kurikulum, proses pembelajaran dan kerjasamadalam pengelolaan pendidikaninkluisif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu Kepala Sekolah, empat guru kelas, dan satu guru mata pelajaran olahraga. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yakni deskriptif kualitatif dengan langkah meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dalam bentuk naratif kemudian penarikankesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1. Permasalahan dalam pengelolaan pendidikan inkluisf yakni: (a) manajemen sekolah belum maksimal seperti perencanaan program atau kegiatan belum melibatkan semua guru, pengorganisasian dalam pembagian tugas, guru masih kesulitan mengerjakan tugasnya, pengarahan kepala sekolah masih belum ditanggapi dengan baik, pengawasan kepala sekolah masih belum menyeluruh, (b) belum adanya guru pembimbing khusus, (c) belum adanya kurikulum khusus untuk anak berkebutuhan khusus, (d) dalam proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus masih kesulitan dalam pelajaran matematika, (e) tidak sesuainya alat pembelajaran dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus, (f) pengelolaan kerjasama dengan berbagai pihak belum baik. 2. Upaya untuk mengatasi permasalahan yakni: (a) perencanaan yaitu pembagian tugas yang diketahui oleh semua guru, (b) perencanaan yaitu mengikusertakan guru kelas yang ditugasi menangani anak berkebutuhan khusus dalam pelatihan tentang pendidikan inklusif di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, (c) pengarahan yaitu menggunakan kurikulum yang dipakai sekolah dan untuk anak berkebutuhan khusus tunadaksa, tunagrahita, lamban belajar dan kesulitan belajar dengan menurunkan tingkat kesulitan sesuai dengan kemampuan dan karakteristinya, (d) pengarahan yaitu pemberian jam ke 0 untuk anak berkebutuhan khusus pelajaran matematika, (e) perencanaan yaitu pihak sekolah mengajukan kepada dinas pendidikan terkait alat pebelajaran yang di butuhkan sekolah, (f) perecanaan yaitu pembuatan jadwal rutin untuk pertemuansekolahdenganorangtuapesertadidik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 00:55
Last Modified: 30 Jan 2019 10:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40577

Actions (login required)

View Item View Item