PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) MANDIRI KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL

Zidni, Nuzula (2016) PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) MANDIRI KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Zidni Nuzula_12101244020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan PKBM Mandiri di Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul yang dilihat dari tiga fungsi manajemen yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola, tutor, dan warga belajar PKBM Mandiri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan model interaktif analisis kualitatif dari Miles dan Huberman yaitu display data, reduksi data, dan verifikasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan PKBM Mandiri di Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul untuk program kesetaraan paket A (setara SD), paket B (setara (SMP), dan paket C (setara SMA) sebagai berikut (1) perencanaan pembelajaran meliputi (a) standar kompetensi lulusan yang digunakan sama dengan pendidikan formal. Standar kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan SD/MI/SDLB/Paket A, SMP/MTs/SMPLB/Paket B, SMA/MA/SMALB/Paket C berpedoman pada Permendiknas No 23 Tahun 2006 yang bertujuan untuk meletakkan dasar dan meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut, (b) standar isi program kesetaraan memiliki kerangka dasar, struktur kurikulum, kurikulum tingkat satuan pendidikan, dan beban belajar untuk mencapai kompetensi lulusan pada program Paket A, B, dan C. (c) standar pendidik dan tenaga kependidikan PKBM Mandiri memiliki kualifikasi yang sama dengan pendidikan formal, terbukti bahwa semua tutor PKBM Mandiri merupakan guru yang mengajar di sekolah formal. (d) fasilitas yang dimiliki sudah lengkap namun tidak selengkap yang dimiliki sekolah formal, akan tetapi fasilitas di PKBM Mandiri sudah bisa mencukupi kebutuhan untuk pelaksanaan pembelajaran program paket A, B, dan C (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan berbeda dengan sekolah formal, pola pembelajaran yang digunakan yaitu tatap muka, mandiri, dan tutorial (3) evaluasi yang dilakukan yaitu untuk (a) pendidik (tutor), (b) pengelola, dan (c) warga belajar. Penilaian untuk pendidik dan tenaga kependidikan menggunakan Daftar Penilaian Pekerjaan Pegawai (DP3) yang dibuat dan diisi langsung oleh ketua penyelenggara yang dilakukan disetiap akhir semester, sedangkan untuk warga belajar dengan mengakumulasikan semua tugas, ulangan, EHB, dan kehadiran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 00:46
Last Modified: 30 Jan 2019 10:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40573

Actions (login required)

View Item View Item