PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KOMITMEN GURU DAN KEPUASAN KERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA

Yona, Febria (2016) PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KOMITMEN GURU DAN KEPUASAN KERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yona Febria_12101241028.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengkaji pengaruh sertifikasi guru terhadap komitmen kerja baik secara langsung ataupun melalui variabel antara kepuasan kerja guru. Variabel eksogen pada penelitian ini adalah sertifikasi guru, variabel endogen adalah komitmen guru, dan variabel antara (intervening variable) adalah kepuasan kerja guru. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar di Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Populasi pada penelitian ini adalah 220 guru bersertifikasi dari 23 Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Pengambilan sampel yang berjumlah 86 subyek dilakukan dengan teknik sampling berstrata proporsional (stratified proportional random sampling). Sertifikasi guru diukur dengan lama sertifikasi, dan kepuasan kerja guru serta komitmen guru diukur dengan skala Likert 1-5. Sebelum digunakan untuk mengumpulkan data, instrumen penelitian terlebih dahulu diuji validitas butir dan reliabilitas instrumen dengan teknik korelasi butir-total dan metode Cronbach Alpha. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analis jalur atas model regresi yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) seritifikasi guru tidak memiliki pengaruh langsung terhadap komitmen guru (t statistik = 0,122, nilai p = 0,903); (2) sertifikasi guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru (t statistik = 5,123, p = 0,000); (3) kepuasan kerja guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap komitmen guru (t statistik = 4,363, p = 0,000); (4) sertifikasi guru memiliki pengaruh terhadap komitmen guru dengan dimediasi oleh variabel antara kepuasan kerja guru (t statistik berturut-turut 5,123 dan 4,363 dengan nilai p masing-masing 0,000); (5) sertifikasi guru dan kepuasan kerja guru secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh yang bermakna terhadap komitmen guru (F statistik = 12,841, nilai p = 0,000). Program sertifikasi guru tidak secara langsung berdampak terhadap komitmen guru dan pengaruhnya berlangsung melalui intervening variable kepuasan kerja guru. Dengan demikian, program sertifikasi guru hendaknya selalu dipantau apakah program yang diselenggarakan mampu meningkatkan kepuasan kerja guru dalam arti telah mampu meningkatkan kemampuan/keterampilan guru, kesejahteraan finansial dan mampu meningkatkan status sosial dan keamanan kerja, yang pada gilirannya akan memberikan pengaruh positif terhadap komitmen guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 00:44
Last Modified: 30 Jan 2019 10:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40572

Actions (login required)

View Item View Item