Laporan, PPL, SMK Negeri 1 Godean

ERNA ESTININGSIH, ERNA ESTININGSIH (2014) Laporan, PPL, SMK Negeri 1 Godean. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN PPL.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR LAPORAN PPL.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sarana bagi mahasiswa untuk menambah pengalaman dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan manajerial di sekolah. PPL merupakan sarana pengintegrasian dan implementasi ilmu yang telah dikuasai ke dalam praktik kependidikan. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya kegiatan PPL ini dapat membentuk calon tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan memiliki keterampilan profesional. Tempat yang menjadi lokasi PPL dimulai dari tanggal 01 Juli – 17 September 2014 adalah di SMKN 1 Godean yang beralamat di Kowanan, Sidoagung, Godean, Sleman. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan PPL meliputi praktik mengajar baik terbimbing maupun mandiri. Dalam praktik mengajar ini, praktikan mengajar 1 kelas paralel dengan materi Pengantar Administrasi Perkantoran. Persiapan mengajar yang telah praktikan lakukan adalah observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, dan pembuatan perangkat administrasi guru. Perencanaan lain yang harus disiapkan praktikan adalah penyusunan RPP yang berisi tentang standard kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, metode, langkah-langkah proses pembelajaran, sumber dan alat serta rencana penilaian dengan menyisipkan nilai-nilai karakter dalam setiap RPP. Selama praktik mengajar, praktikan menggunakan metode ceramah, latihan, diskusi dan kuis. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik lebih aktif dan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan. vi Secara umum, program – program PPL yang telah praktikan dapat berjalan lancar, namun tidak memungkiri bahwa selama pelaksanaan terdapat beberapa hambatan seperti alokasi waktu mengajar, cara pengelolaan kelas, dan alokasi waktu untuk penyusunan administrasi. Tetapi hambatan itu dapat dilalui sehingga kegiatan PPL dapat berjalan lancar. Dengan adanya kegiatan PPL, praktikan mendapat bekal, pengalaman, dan mampu mengembangkan kompetensi pedagogik, sosial, kepribadain, dan professional. Kerjasama, kepekaan, ketegasan dan kedisiplinan serta penggunaan dana yang tepat dapat menjadi kekuatan bagi suksesnya sebuah kegiatan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Aug 2016 02:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40551

Actions (login required)

View Item View Item