LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA N 1 IMOGIRI

Amrin Rosadi, Amrin Rosadi (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA N 1 IMOGIRI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL 2014 AMRIN ROSADI SMA IMOGIRI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu rangkaian kegiatan KKN PPL yang diselenggarakan oleh pihak UNY sebagai langkah dari Universitas untuk mempersiapkan tenaga pendidik yang berkualitas, berkompetensi, berpengalaman, bertanggung jawab dan mandiri. Disamping itu agar mahasiswa semakin mendalami perannya sebagai calon guru. Praktik Pengalaman lapangan (PPL) memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori-teori kependidikan yang selama ini dipelajari di kampus untuk diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas secara nyata. Selain itu, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini juga bertujuan untuk melatih mental mahasiswa dalam mengelola kelas, dan dalam pembelajaran agar mahasiswa memiliki bekal dan kesiapan di kemudian hari sebagi seorang pendidik. Dalam kegiatan PPL di SMA N 1 Imogiri, mahasiswa PPL mendapat kesempatan untuk praktik mengajar kelas XI (MIA 3-IIS 1-4) dan XII mulai dari kelas MIA 1-3 sampai dengan IIS1-4. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada tanggal 14 Juli sampai dengan tanggal 17 September 2014 di SMA N 1 Imogiri. Jumlah jam sebanyak 2 jam pelajaran untuk kelas XII dan 3 jam pelajaran untuk kelas XI setiap minggunya. Banyak hal yang didapat dari PPL di SMA N 1 Imogiri, terutama memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam bidang manajerial, serta memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan mencari solusi atas segala permasalahan dalam lembaga pendidikan yang terkait dengan kegiatan manajerial kelembagaan. Hasil yang diperoleh mahasiswa dari kegiatan PPL ini yaitu mendapatkan pengalaman yang nyata secara langsung di lapangan mengenai perencanaan, penyusunan perangkat, proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing khususnya dalam hal ini dalam bidang Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Aug 2016 02:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40548

Actions (login required)

View Item View Item