LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 IMOGIRI

NURUL MIFTAKHUL JANAH, NURUL MIFTAKHUL JANAH (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 IMOGIRI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PEGESAHAN.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
laporan.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan latihan kependidikan bersifat intrakulikuler dan wajib dilakukan oleh mahasisiwa UNY yang bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan sehingga dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan dan atau kependidikan yang profesional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam profesi. PPL yang berlokasi di SMA Negeri 1 Imogiri dilaksanakan dari tanggal 1 Juli sampai 17 September 2014. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka PPL antara lain; observasi pra PPL yang meliputi kegiatan observasi fisik dan observasi proses belajar mengajar, praktik mengajar dilakukan pada tanggal 6 Agustus 2014 sampai dengan 17 September 2014. Dalam kegiatan PPL ini, praktikan melakukan praktik mengajar kelas X MIA 1-3 untuk mata pelajaran Fisika, di mana setiap minggu untuk satu kelas satu pertemuan terdiri dari 3 jam pelajaran. Sehingga untuk satu minggu efektif praktik mengajar sebanyak 3 kali masuk kelas dengan masing-masing 3 jam pelajaran. Dalam praktik mengajar, praktikan menggunakan metode diskusi informasi, diskusi kelompok, dan demonstrasi. Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yang berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan KBM di kelas agar berjalan lebih efektif dan efisien. Seluruh kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Namun demikian, hambatan tersebut dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing, laboran, pihak sekolah dan sarana prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Aug 2016 01:32
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40535

Actions (login required)

View Item View Item