PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA DI SMP N 4 SLEMAN

Hidayat, Putra (2016) PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA DI SMP N 4 SLEMAN. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full (12416241056).swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar IPS, (2) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPS, dan (3) Pengaruh pergaulan teman sebaya dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP N 4 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Sleman sebanyak 347 siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling berjumlah 182 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dicari dengan Expert Judgement, dan uji reliabilitas dicari dengan teknik belah dua. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, linieritas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar IPS. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar IPS. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa SMP N 4 Sleman. Oleh karena itu pergaulan teman sebaya dan perhatian orang tua sebaiknya diperhatikan oleh lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 24 Aug 2016 01:19
Last Modified: 30 Jan 2019 10:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40529

Actions (login required)

View Item View Item