PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS ANDROID MATERI PENGENDALIAN PENYIMPANGAN SOSIAL UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

PAWOKO, SIDHIK (2016) PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS ANDROID MATERI PENGENDALIAN PENYIMPANGAN SOSIAL UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416241037.swf

Download (13MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id/elibfis/index.php

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan aplikasi media pembelajaran IPS berbasis android materi pengendalian penyimpangan sosial untuk siswa SMP kelas VIII dan mengetahui kelayakan aplikasi media pembelajaran IPS berbasis android berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru IPS dan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sewon. Teknik pengumpulan data berupa angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba kelayakan produk dilakukan oleh guru IPS dan siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli media, ahli materi, guru, dan lembar angket penilaian untuk siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tahap pengembangan aplikasi media pembelajaran IPS berbasis android materi pengendalian penyimpangan sosial untuk siswa SMP kelas VIII meliputi, pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, dan evaluasi produk, 2) pengembangan aplikasi media pembelajaran IPS berbasis android materi pengendalian penyimpangan sosial untuk siswa SMP kelas VIII dinyatakan layak digunakan berdasarkan, a) hasil validasi ahli materi dengan skor 3,91 atau kategori “Baik”, b) validasi ahli media dengan skor 4,35 atau kategori “Sangat Baik”, dan c) validasi oleh guru IPS dengan skor 4,54 atau kategori “Sangat Baik”, dan tanggapan siswa pada uji coba lapangan dengan rata-rata skor 4,26 atau kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi media pembelajaran IPS berbasis android materi pengendalian penyimpangan sosial untuk sisiwa SMP kelas VIII sudah dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: aplikasi, android, media pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 24 Aug 2016 01:12
Last Modified: 24 Aug 2016 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40523

Actions (login required)

View Item View Item