[Ringkasan Skripsi] PERBEDAAN TEKNIK PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING DAN CO-OP CO-OP TERHADAP MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KALASAN

Paksi, Mega Indri (2016) [Ringkasan Skripsi] PERBEDAAN TEKNIK PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING DAN CO-OP CO-OP TERHADAP MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KALASAN. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Ringkasan Skripsi Digital)
Ringkasan Skripsi 12416244018.swf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan motivasi belajar siswa menggunakan teknik pembelajaran kancing gemerincing dibandingkan teknik co-op co-op pada pembelajaran IPS, dan 2) Perbedaan Aktivitas belajar siswa menggunakan teknik pembelajaran kancing gemerincing dibandingkan teknik co-op co-op pada pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 2 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Multiple–Group Design, menggunakan dua kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Kalasan, sedangkan sampelnya yaitu kelas VII D dan VII E. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan observasi. Validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi konstruk, dan empiris. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan teknik pembelajaran co-op co-op dibandingkan kelas yang menggunakan teknik kancing gemerincing. Perbedaan motivasi belajar yang signifikan ditunjukkan dari hasil uji-t thitung>ttabel yaitu thitung = 2,139 lebih besar dari ttabel = 1,998. (2) ada perbedaan yang signifikan pada aktivitas belajar siswa antara kelas yang menggunakan teknik pembelajaran co-op co-op dibandingkan yang menggunakan teknik kancing gemerincing. Perbedaan aktivitas belajar yang signifikan ditunjukkan dari hasil uji-t thitung>ttabel yaitu thitung = 2,450 lebih besar dari ttabel = 1,998. Atas dasar hal tersebut dapat disimpulkan kelas eksperimen 2 mempunyai hasil lebih baik dibandingkan dengan kelas eksperimen 1, baik dari segi motivasi maupun aktivitas belajar. Kata Kunci: Teknik Pembelajaran Kancing Gemerincing, Teknik Co-op Co-op, Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 24 Aug 2016 01:07
Last Modified: 30 Jan 2019 10:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40520

Actions (login required)

View Item View Item