Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT ( Together) untuk Meningkatkan pada Materi Alat Ukur

Hendra Gunawan, Hendra Gunawan (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT ( Together) untuk Meningkatkan pada Materi Alat Ukur. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Hendra Gunawan 08503244008.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT ( Together) untuk Meningkatkan pada Materi Alat Ukur Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan prestasi belajar siswa Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Mesin A yang terdiri dari 17 siswa. Penelitian ini siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan t observasi, serta refleksi dan evaluasi. dokumentasi, dan tes hasil belajar. Analisis data y penyajian data, dan analisis tes hasil belajar. ini adalah tercapainya Kriteria ketuntasan Minimal Alat Ukur bagi 80 % keseluruhan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa NHT dapat meningkatkan PIRI Sleman, dengan cara yang diteraplkan 1) membagi kelompok 4 secara acak 5) memberikan waktu persentasi persentasi 7) memberikan tes memberikan motivasi kepada siswa. H saat proses pembelajaran siklus I pertemuan pertama menjadi sebesar 72,58% p lebih meningkat menjadi (2) terdapat peningkatan belajar siswa pada siklus siswa atau 35,29% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10 tuntas atau 58,82% dan me tuntas atau 100%. Indikator ke dengan hasil belajar siswa pada Materi Alat Ukur di 78 untuk 80% dari keseluruhan siswa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa p kelas X Mesin A SMK PIRI Sleman. Kata kunci : model pembelajaran ��� Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Alat Ukur di SMK PIRI Sleman Oleh Hendra Gunawan 08503244008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada Materi Alat Ukur Siswa kelas X Mesin A SMK PIR Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif.Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X Mesin A yang terdiri dari 17 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 3 siklus. siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi dan evaluasi. Pengumpulan data mengguna dokumentasi, dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan analisis tes hasil belajar. Indikator dalam keberhasilan penelitian ini adalah tercapainya Kriteria ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 78 Alat Ukur bagi 80 % keseluruhan siswa. litian ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkanaktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X m , dengan cara yang diteraplkan 1) membuat rancangan RPP dan LKS 2) membagi kelompok 4-5 siswa 3) membagikan LKS 4) pemanggilan nomor NHT 5) memberikan waktu persentasi pada siswa 6) menyimpulkan hasil persentasi 7) memberikan tes sebagai evaluasi 8) menutup pelajaran dengan berikan motivasi kepada siswa. Hal ini dibuktikan dengan aktivitas belajar siswa saat proses pembelajaran siklus I pertemuan pertama sebesar 58% pada pertemuan kedua, siklus II Aktivitas Belajar Si jadi76,19% dan meningkat lagi menjadi 82,48% (2) terdapat peningkatan belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas adala dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10 dan mengalami peningkatan pada siklus III yaitu %. Indikator keberhasialan penelitian ini telah tercapai, ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada Materi Alat Ukur diperoleh melebihi KKM sebesar tuk 80% dari keseluruhan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Alat Ukur siswa kelas X Mesin A SMK PIRI Sleman. embelajaran, kooperatif, NHT (Numbered Head Toge Numbered Head Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa di SMK PIRI Sleman bagaimana meningkatkan aktivitas pada Materi Alat Ukur Siswa kelas X Mesin A SMK PIRI tindakan kelas (action research) ini yaitu siswa kelas X dilakukan selama 3 siklus.Setiap indakan, pelaksanaan tindakan, Pengumpulan data menggunakan observasi, ang digunakan adalah reduksi data, Indikator dalam keberhasilan penelitian (KKM) sebesar 78untuk Materi odel pembelajaran kooperatif tipe belajar siswa kelas X mesin A SMK membuat rancangan RPP dan LKS 2) 5 siswa 3) membagikan LKS 4) pemanggilan nomor NHT 6) menyimpulkan hasil 8) menutup pelajaran dengan al ini dibuktikan dengan aktivitas belajar siswa 43,80% meningkat ada pertemuan kedua, siklus II Aktivitas Belajar Siswa 48% Pada siklus III. I jumlah siswa yang tuntas adalah 6 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10siswa yang ngalami peningkatan pada siklus III yaitu 17 siswa yang tercapai, ditunjukkan peroleh melebihi KKM sebesar Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (Numbered Head Together)dapat ada Materi Alat Ukur siswa Numbered Head Together)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Aug 2016 01:01
Last Modified: 30 Jan 2019 10:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40512

Actions (login required)

View Item View Item