PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN

HENDY, PURNOMO (2016) PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Hendy Purnomo 10503247007.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARA Tujuan penelitian ini antara prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode jigsaw dengan prestasi belajar siswa yang diajar juga untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatanprestasi belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik setelah diajar menggunakan metode jigsaw. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupa penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. SMK N1 Seyegan dengan kelas X TFL1 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X eksperimen diberi perlakuan menggunakan metode jigsaw sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan tanpa menggunakan metode jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode jigsaw dan prestasi belajar kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan metode jigsaw. Hasil analisis menunjukkan besar pengaruh antara sebesar 7,359 2) terdapat pen menggunakan metode jigsaw. Hal tersebut dilihat dari hasil belajar, persentase sebesar 30,585% sedangkan kelas kontrol mengalami pen 16,587%. Hasil belajar kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode jigsaw mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan metode jigsaw. Kata kunci: metode jigsaw, prestasi bel ABSTRAK PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK N1 SEYEGAN Oleh: HENDY PURNOMO NIM. 10503247007 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya antara prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode jigsaw dengan prestasi belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan metode jigsaw. Selain itu juga untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatanprestasi belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik setelah diajar menggunakan metode jigsaw. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis quasi eksperimen nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMK N1 Seyegan dengan kelas X TFL1 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X TFL2 berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan metode jigsaw sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan tanpa menggunakan metode jigsaw. penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh antara prestasi belajar kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode jigsaw dan prestasi belajar kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan metode jigsaw. Hasil menunjukkan besar pengaruh antara kelas eksperimen dan kelas k terdapat peningkatan prestasi belajar siswa setelah diajar menggunakan metode jigsaw. Hal tersebut dilihat dari prosentase peningkatan ersentase hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar . Hasil belajar kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode jigsaw mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan metode jigsaw.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Aug 2016 00:58
Last Modified: 30 Jan 2019 10:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40510

Actions (login required)

View Item View Item