HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI LINGKUNGAN DAN FASILITAS PRAKTIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Heri, Prabowo (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI LINGKUNGAN DAN FASILITAS PRAKTIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Heri Prabowo 06504244025.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI LINGKUNGAN DAN FASILITAS PRAKTIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Oleh Heri Prabowo NIM. 06504244025 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi peserta didik terhadap lingkungan praktik dan fasilitas praktik dengan motivasi belajar pada Mata Diklat Otomotif Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada tanggal 2 hingga 4 Januari 2012. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian Expost Facto. Populasi dari penelitian ini berjumlah 235 peserta didik, pengambilan sampel ditentukan dengan teknik proporsional random sampling yang berjumlah 139 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengukur variabel persepsi peserta didik terhadap lingkungan praktik dan fasilitas praktik dan variabel motivasi belajar. Untuk mengetahui validitas instrumen dengan mengkonsultasikan kepada para ahli (expert judgement) dan validasi konstruk menggunakan rumus Product Moment dari Pearson. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis menggunakan analisis statistik deskriptif untuk menghitung harga mean, median, modus dan standar deviasi dan analisis korelasional untuk menguji hipotesis pertama dan kedua dengan menggunakan korelasi Product Moment dengan membandingkan r hitung dengan r tabel untuk menguji hipotesis ketiga menggunakan rumus korelasi ganda dua prediktor dengan membandingkan F hitung dengan F tabel . Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan positif antara persepsi peserta didik terhadap lingkungan praktik dengan motivasi belajar diperoleh r hitung 0,492 > rtabel 5% 0,176; (2) Ada hubungan positif antara persepsi peserta didik terhadap fasilitas praktik dengan motivasi belajar diperoleh r hitung 0,633 > rtabel 5% 0,176; (3) Ada hubungan positif secara bersama-sama antara persepsi peserta didik terhadap lingkungan praktik dan fasilitas praktik dengan hasil belajar peserta didik kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta diperoleh r hitung 0,678 > rtabel 5% 0,176 dan diperoleh Fhitung 57,824 > Ftabel 5% 3,07. Kata Kunci: Lingkungan Praktik, Fasilitas Praktik dan motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Aug 2016 00:52
Last Modified: 30 Jan 2019 10:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40509

Actions (login required)

View Item View Item