Noviastri Herdinawati, Noviastri Herdinawati (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 SEWON. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
4 Laporan PPL Noviastri Herdinawati PIPA.pdf Download (88MB) | Preview |
Abstract
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah salah satu lembaga perguruan tinggi yang menyiapkan tenaga pendidik. Untuk hal itu UNY mengadakan beberapa program untuk menyiapkan tenaga pendidik yang profesional pendidikan. Salah satu program yang diadakan oleh UNY adalah kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Adanya program PPL ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang professional sehingga memiliki sikap, nilai, keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam profesinya. Selian itu mahasiswa calon pendidik diharapkan dapat belajar dari pengalaman yang didapatkan dilapangan dan mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di dalamnya. Pelaksanaan kegiatan atau program PPL di SMP N 1 Sewon mulai tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Sebelum kegiatan dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan berbagai kegiatan persiapan, diantaranya pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi. Kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) yang dilakukan di SMP N 1 Sewon meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas sebagai program utama dan non mengajar sebagai program penunjang. Program utama individu meliputi membuat perangkat pembelajaran, praktik mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Program penunjang adalah pengadaan media pembelajaran (carta). Dalam praktik mengajar praktikan mengampu satu mata pelajaran yaitu mata pelajaran IPA kelas 7 dengan mengajar kelas VII A, VII B, VII C, dan VII D dengan total pertemuan sebanyak 13 kali. Mata pelajaran ini untuk setiap kelas memiliki alokasi waktu 5 jam setiap minggunya. Proses pembelajaran dilakukan menggunakan metode Scientific dan demonstrasi sebagai metode dalam kurikulum 2013 yang menuntut siswa aktif melalui kegiatan pengamatan, penyelidikan, diskusi, dan komunikasi. Hasil dari pelaksanaan kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Sewon secara umum berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan rencana program yang telah disusun dari awal dan tanpa kendala yang berarti. Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2014 ini tak lepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, khususnya guru pembimbing, mahasiswa serta peserta didik SMP Negeri 1 Sewon. Dalam pelaksanaan Program PPL ini mahasiswa praktikan mendapat banyak pengalaman langsung dan pengetahuan dalam hal kependidikan yang akan menjadi bekal dan berguna di kemudian hari.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UNY, PPL, SMP N 1 Sewon, Mengajar |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 00:52 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40508 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |