LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Zailani Setianto, Zailani Setianto (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL_11504241019_Zailani Setianto_PT Otomotif.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) agar mahasiswa bisa mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, untuk diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal, lembaga pendidikan non formal.Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa mencangkup kompetensi sosial, pedagogik, profesional dan kepribadian. Secara umum, pelaksanaan PPL meliputi empat tahapan yaitu: tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Pelaksanaan program diisi dengan observasi kelas, konsultasi, pembuatan administrasi guru (perhitungan minggu efektif, membuat daftar hadir, membuat agenda harian guru, analisis SKL, KI, KD, membuat RPP, membuat materi ajar dan membuat media pembelajaran), praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu adalah kelas X TKR1, X TKR 2, X TKR 3 dan X TKR 4 dengan total pertemuan dikelas adalah 25. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, latihan dan demonstrasi. Kompetensi keahlian TKR di SMK Muhammadiyah juga menerapkan team teaching . Kedua guru berkolaborasi memberikan bimbingan pada siswa. Secara keseluruhan Program PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Evaluasi meliputi pembuatan soal praktikum dan teori serta pembuatan tugas untuk siswa. Setelah dilakukan analisis penilaian didapatkan prosentase ketuntasan KKM sebesar 89,2% untuk kelas X TKR 1 dan 92,1% untuk kelas X TKR 2 dan X TKR 4. Dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) teori dan praktik dapat terlaksana 90%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2014, SMK Muhammadiyah 1 Bantul, TKR
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Aug 2016 06:30
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40485

Actions (login required)

View Item View Item