LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Aditya, Ariel (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL_11504241001_Ariel Aditya_PT Otomotif.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) agar mahasiswa bisa mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, untuk diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal, lembaga pendidikan non formal. Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa mencangkup kompetensi sosial, pedagogik, profesional dan kepribadian Secara keseluruhan, pelaksanaan PPL meliputi empat tahapan yang dilalui, yaitu: tahap persiapan (observasi), pelaksanaan PPL, evaluasi dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan tata cara pelaksanaan PPL, penerjunan atau penyerahan dari pihak kampus ke pihak SMK Muhammadiyah 1 Bantul, dan praktik mengajar. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL, disusun untuk meningkatkan proses pengajaran dan proses belajar siswa. Selain itu, juga untuk melatih praktikan dalam proses pengajaran sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam manajerial kelas, administrasi pembelajaran dan manajerial sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan input dan output yang handal. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 2 Juli 2014 sampai 13 September 2014. Pelaksanaan program disi dengan pendampingan kegiatan awal tahun untuk siswa baru, observasi kelas, konsultasi, pembuatan administrasi guru (perhitungan minggu efektif, membuat daftar hadir, membuat agenda harian guru, analisis SK-KD, membuat RPP sejumlah 3 KD untuk mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif, 1 KD untuk mata pelajaran Kelistrikan Engine dan Pekerjaan Dasar Otomotif, membuat materi ajar dan membuat media pembelajaran untuk 4 mata pelajaran serta membuat Job Sheet sejumlah 3 job untuk mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif), praktik mengajar baik teori maupun praktik dan evaluasi. Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu adalah kelas X TKR 2, X TKR 4 dan Kelas XI TKR 4 dengan total jam pertemuan dikelas adalah 128 jam. Evaluasi meliputi pembuatan soal praktikum dan teori serta pembuatan tugas atau pekerjaan rumah untuk siswa. Secara keseluruhan ketercapaian kriteria kompetensi minimal yang di dapat siswa yang di ampu oleh praktikan sebesar ± 98% dengan nilai KKM 78.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2014, SMK Muhammadiyah 1 Bantul, Otomotif
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Aug 2016 06:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40482

Actions (login required)

View Item View Item