LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Fauzan Agus Septiawan, Fauzan Agus Septiawan (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL_11502241023_Fauzan Agus Septiawan_PT Elektronika.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah satu dari sekian program perkuliahan yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) supaya mahasiswa yang mengambil program studi kependidikan bisa mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, untuk diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal dan lembaga pendidikan non formal. Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa mencangkup kompetensi sosial, pedagogik, profesional dan kepribadian. Secara umum, tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan, praktik mengajar, dan penarikan. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Pelaksanaan program diisi dengan observasi kelas, konsultasi, pembuatan administrasi guru (perhitungan minggu efektif, membuat daftar hadir, membuat agenda harian guru, analisis SK-KD, membuat RPP, membuat materi ajar dan membuat media pembelajaran), praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu adalah kelas XI TAV 1 dan XI TAV 2 dengan jumlah total jam pertemuan dikelas adalah 160 jam. Evaluasi meliputi pembuatan soal praktikum dan teori serta pembuatan tugas untuk siswa. Secara keseluruhan Program PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah dicanangkan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Semester Ganjil berlangsung. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL, disusun untuk meningkatkan kualitas proses pengajaran dan proses belajar siswa. Selain itu, juga untuk melatih praktikan sebelum terjun ke dunia kerja setelahnya. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam manajemen kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan lulusan yang handal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2014, SMK Muhammadiyah 1 Bantul, TAV
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Aug 2016 05:51
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40475

Actions (login required)

View Item View Item