MINAT BACA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KEBUMEN TERHADAP NOVEL POPULER

Sari, Puspa (2016) MINAT BACA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KEBUMEN TERHADAP NOVEL POPULER. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PUSPA SARI_09201241033.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat baca siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kebumen terhadap novel populer, serta mendeskripsikan faktor- faktor yang mendukung dan menghambat minat baca siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kebumen terhadap novel populer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Survei digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi yang besar dengan menggunakan sampel yang relatif kecil. Hal ini berarti akan menggambarkan suatu gejala dari data yang bersifat kuantitatif. Data yang bersifat kuantitatif yakni skor kuisioner atau angket. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling (acak). Taraf signifikansi 5%, maka sampel yang harus diambil dalam penelitian ini berjumlah 200 siswa dari jumlah populasi sebanyak 465 siswa. Pada penelitian ini, siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kebumen diminta untuk mengisi angket mengenai minat baca siswa terhadap novel populer. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat baca siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kebumen terhadap novel populer berada pada kategori tinggi sebanyak 18 siswa (19,0%), berada pada kategori sedang sebanyak 129 siswa (64,5%), dan berada pada kategori rendah sebanyak 53 siswa (26,5%). Minat baca siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kebumen terhadap novel populer mayoritas berada pada kategori sedang sebanyak 129 siswa (64,5%). Artinya, pada dasarnya siswa menyukai membaca novel populer akan tetapi lebih dikarenakan dalam rangka mengerjakan tugas sekolah bukan karena memiliki minat baca terhadap novel populer tersebut (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat minat baca siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kebumen terhadap novel populer berada pada kategori sedang sebanyak 169 siswa (84,5%). Pada indikator lingkungan yang memengaruhi budaya membaca sastra (71,5%), indikator pemahaman membaca karya sastra (53,0%), indikator berkembangnya teknologi komunikasi dengan persentase paling rendah sebesar 53,0%, sedangkan pada indikator kendala yang menghambat kebiasaan membaca sastra (75,5%). Artinya, banyak sekali faktor- faktor yang mendukung dan menghambat ketertarikan siswa dalam menumbuhkan minat baca terhadap novel populer.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 23 Aug 2016 07:30
Last Modified: 30 Jan 2019 10:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40470

Actions (login required)

View Item View Item