KEEFEKTIFAN STRATEGI ANTICIPATION GUIDE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA

Apriliyani, Hiqmah (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI ANTICIPATION GUIDE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Hiqmah Apriliyani_12201241014.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Keefektifan Strategi Anticipation Guide dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Yogyakarta” ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi Anticipation Guide dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa strategi Anticipation Guide, (2) menguji keefektifan strategi Anticipation Guide dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest group, yang menggunakan dua variabel, yaitu strategi Anticipation Guide sebagai variabel bebas dan kemampuan membaca pemahaman sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D sebagai kelompok kontrol dan kelas VII A sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman berbentuk tes objektif. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk. Uji validitas isi dilakukan oleh expert judgement dan uji validitas konstruk dilakukan dengan program Iteman. Reliabilitas butir soal menggunakan reliabilitas Alpha Cronbach yang dihitung menggunakan program Iteman. Uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis uji-t data tes akhir kemampuan membaca pemahaman kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukan nilai t = 7,004, df = 66, dan p = 0,000 (0,000 < 0,05 = signifikan). Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi Anticipation Guide dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa strategi Anticipation Guide. Hasil uji-t tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen menunjukan nilai t = 9,629, df= 33, dan p = 0,000 (0,000 < 0,05 = efektif). Hasil tersebut menunjukan bahwa strategi Anticipation Guide teruji efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman. Selain itu, selisih skor rata-rata tes awal dan tes akhir pada kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan kelompok kontrol yaitu 4,70 pada kelompok eksperimen dan 0,94 pada kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 23 Aug 2016 07:30
Last Modified: 30 Jan 2019 10:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40468

Actions (login required)

View Item View Item