Siti, Nur Wakhidah (2016) EVALUASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) TATA BOGA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN. S1 thesis, fakultas Teknik.
|
Text
SITI NUR WAKHIDAH 10511244014).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
EVALUASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) TATA BOGA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN Oleh: Siti Nur Wakhidah NIM.10511244014 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) evaluasi context: mengetahui kesesuaian materi yang diberikan untuk kelas X dan XI pada mata pelajaran life skill Tata Boga dengan KTSP, 2) evaluasi input: a) mengetahui latar belakang guru pengampu mata pelajaran pendidikan life skills Tata Boga, b) mengetahui minat siswa tentang mata pelajaran pendidikan life skills Tata Boga, c) mengetahui sarana dan prasarana yang tersedia untuk menunjang pelaksanaan pendidikan life skills Tata Boga, 3) evaluasi process: mengetahui kegiatan belajar mengajar yang meliputi media dan metode yang digunakan guru pada saat pembelajaran, 4) evaluasi product: mengetahui pencapaian hasil belajar siswa setelah mengikuti mata pelajaran pendidikan life skills Tata Boga. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi, dengan model CIPP. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan dari bulan Desember 2013 hingga Oktober 2014. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas X dan XI yang mengikuti mata pelajaran pendidikan life skills Tata Boga serta guru pengampu mata pelajaran life skills Tata Boga. Pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi serta dokumentasi. Pengujian validitas konstruk instrument menggunakan expert judgment dan validitas eksternal dengan menggunakan rumus korelasi product moment untuk angket minat siswa mengikuti mata pelajaran life skills Tata Boga serta media dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Hasil angket minat siswa menyatakan semua item valid, angket media dan metode yang digunakan guru juga menyatakan semua item valid. Reliabilitas angket menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil angket minat siswa didapat dengan nilai 0,951 dan angket media dan metode yang digunakan guru didapat dengan nilai 0,909. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) context meliputi materi yang diberikan telah sesuai dengan KTSP keterampilan SMA. 2) input latar belakang pendidikan guru pengampu adalah Diploma 3 (D3) jurusan Tata Boga dengan pengalaman mengajar selama 10 tahun, minat siswa mengikuti mata pelajaran life skills Tata Boga dalam kategori baik, sarana dan prasarana yang tersedia secara umum cukup memadai untuk belajar, walaupun masih terdapat beberapa kekurangan dari beberapa aspek yang diamati. 3) process meliputi media dan metode yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar dalam kategori baik. 4) product meliputi pencapaian hasil belajar siswa untuk kelas X dan XI masuk dalam kategori baik. Kata kunci: Evaluasi, Pendidikan life skill, Tata Boga MOTTO
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 03:59 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40463 |
Actions (login required)
View Item |