Perbandingan Keefektifan Cooperative Learning Tipe STAD dengan GI ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah, Sikap dan Minat terhadap Matematika

Suryadi, Rahadi (2011) Perbandingan Keefektifan Cooperative Learning Tipe STAD dengan GI ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah, Sikap dan Minat terhadap Matematika. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahardi-suryadi-09709251008.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan Cooperative Learning tipe GI (Groups Investigation) ditinjau dari kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, sikap dan minat siswa terhadap Matematika; 2) menyelidiki keefektifan metode Cooperative Learning tipe STAD dibandingkan dengan Cooperative Learning tipe GI ditinjau dari kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, sikap dan minat siswa terhadap Matematika. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian tersebut menggunakan kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Dari populasi yang ada diambil dua kelas secara acak sebagai sampel. Kelas yang diperoleh adalah kelas VIII-E dan VIII-F. Kelas VIII-E dikenai perlakuan berupa Cooperative Learning tipe STAD dan VIII-F dikenai perlakuan berupa Cooperative Learning tipe GI. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan pemecahan masalah Matematika, angket sikap dan angket minat terhadap Matematika. Untuk mengetahui efektif tidaknya Cooperative Learning tipe STAD dan Cooperative Learning tipe GI pada masing-masing variabel, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan keefektifan Cooperative Learning tipe STAD dan Cooperative Learning tipe GI, data dianalisis secara multivariat dengan statistik uji two-group MANOVA pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Cooperative Learning tipe STAD dan Cooperative Learning tipe GI efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah Matematika, sikap terhadap Matematika, dan minat terhadap Matematika. 2) Tidak terdapat perbedaan keefektifan cooperative learning tipe STAD dengan cooperative learning tipe GI ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah Matematika, sikap terhadap Matematika, dan minat terhadap Matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning tipe STAD, Cooperative Learning tipe GI, kemampuan pemecahan masalah Matematika, sikap, minat
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:34
Last Modified: 29 Jan 2019 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40458

Actions (login required)

View Item View Item