Vinindita, Listuhayu (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATERI PENGOLAHAN BUAH DAN SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA ASPEK PENGOLAHAN KELAS VII C DI SMP NEGERI 4 KALASAN. S1 thesis, UNY.
|
Text
SKRIPSI LISTUHAYU VININDITA 11511244007.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATERI PENGOLAHAN BUAH DAN SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA ASPEK PENGOLAHAN KELAS VII C DI SMP NEGERI 4 KALASAN Oleh: Listuhayu Vinindita NIM 11511244007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui penerapan metode pembelajaran Make a Match dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran prakarya aspek pengolahan. Penelitian ini dilakukan pada bulan 1 Oktober 2015 – 20 Juni 2016 di SMP Negeri 4 Kalasan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Kalasan berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, pemahaman, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran Prakarya Aspek Pengolahan mempunyai dampak yang baik terhadap aktivitas siswa diantaranya: siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran; siswa terlibat langsung dalam pembelajaran sebagai contoh nyatanya terjadinya interaksi antara guru dengan siswa; adanya kerjasama yang baik pada setiap siswa dalam memecahkan masalah; siswa mulai mempunyai keberanian untuk mengutarakan pendapatnya pada saat presentasi dan bertanya kepada guru; interaksi antara guru dengan siswa terjalin dengan sangat baik serta siswa lebih antusias untuk mengikuti pembelajaran. 2) pembelajaran teori mata pelajaran prakarya aspek pengolahan dengan menerapkan metode pembelajaran Make a Match dapat meningkatkanpemahaman siswa kelas VII C di SMP Negeri 4 Kalasan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan hasil pre test dengan prosentase ketuntasan 6,25% dengan rata-rata 6,62, sedangkan pada hasil post test menunjukkan prosentase ketuntasan 78,12% dengan rata-rata 7,89. Pada pre test siklus II menunjukkan hasil 15,62% dengan rata-rata 7,25, sedangkan hasil post test menunjukkan prosentase ketuntasan 96,87% dengan rata-rata 8,62. Prosentase peningkatan pada siklus I adalah 71,87% dan siklus II mencapai 81,25% Kata Kunci: Pemahaman, Prakarya Aspek Pengolahan, Metode Make a M
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 03:32 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40456 |
Actions (login required)
View Item |