EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FOTOGRAFI PADA SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 2 SEWON

Oksa, Silvia (2016) EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FOTOGRAFI PADA SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 2 SEWON. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Silvia Oksa 12520241014.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FOTOGRAFI PADA SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 2 SEWON Oleh: Silvia Oksa NIM. 12520241014 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping; (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Non-Mind Mapping dengan metode Mind Mapping; (3) mengetahui efektivitas metode Mind Mapping pada mata pelajaran Fotografi pada siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 2 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan pola non-equivalent group design, yaitu dengan memberikan treatment (perlakuan) yang berbeda terhadap dua kelompok siswa yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 34 orang setiap kelasnya. Penelitian ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan oleh expert judgement dan untuk soal tes menggunakan analisis butir soal dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya beda, selanjutnya dilakukan uji reliabilitas dengan menggunakan program ITEMAN (Item and Test Analysis). Untuk uji prasyarat analisis, uji normalitas dengan menggunakan uji Shapiro-Wilk, karena data tidak berdistribusi normal maka tidak dilakukan uji homogenitas. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Untuk pengujian pengkategorian efektivitas menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Mind Mapping dalam meningkatkan hasil pembelajaran di dalam kelas mata pelajaran Fotografi adalah sebagai berikut: presentasi/penjelasan dari guru, diskusi kelompok, menentukan pusat dan cabang-cabang Mind Mapping, pemberian tugas, presentasi hasil tugas dan pemberian penghargaan; (2) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode Non-Mind Mapping dengan kelas yang menggunakan metode Mind Mapping. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata posttest kelas Non-Mind Mapping sebesar 72,71, sedangkan hasil rata-rata posttest kelas Mind Mapping sebesar 82,12 serta didukung dari hasil perhitungan uji Wilcoxon Rank Sum Test yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,008 lebih kecil dari 0,05; (3) Penggunaan metode Mind Mapping cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar belajar pada mata pelajaran Fotografi kelas X Multimedia SMK Negeri 2 Sewon. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan rata-rata N-gain score kelas Mind Mapping sebesar 56,19%. Kata Kunci : Mind Mapping, Hasil Belajar, Fotografi, Efektivitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Aug 2016 03:14
Last Modified: 30 Jan 2019 10:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40450

Actions (login required)

View Item View Item