EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA

Prakoso, Fattah Aji and Sugiman, Sugiman (2016) EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
1 cover, persetujuan, pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
2 kata pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
3 ABSTRAK Indonesia & Inggris.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
4 DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img]
Preview
Text
5 BAB I Pendahuluan.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB II kajian pustaka.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB III metode penelitian.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
8 BAB IV Hasil Penelitian dan pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
9 BAB V simpulan dan saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
1 Standar Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Pertama Berdasarkan Permendiknas No.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
2 Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Matematika SMP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
3 Standar Kompetensi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] Text
4 Silabus PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
5 RPP PBL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
6 RPP Konvensional.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
7 LKS PBL VALIDASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
8 kunci LKS PBL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
9 Kisi kisi soal pretest.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
10 soal Pretest.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
11 soal Posttest.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
12 kunci prettest.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
13 kunci posttest.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
14 daftar siswa kelas 8.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
15 DOKUMENTASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
16 HASIL SPSS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi/semu dengan pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 106 siswa. Sampelnya adalah 36 siswa dari kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan 37 siswa dari kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Data yang digunakan adalah nilai rata-rata dari skor pretest dan skor posttest. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dilakukan dengan Kolmogorov-Smirnov Test dan uji homogenitas varians dilakukan dengan analisis uji levene statistic dengan bantuan program SPSS. Sedangkan uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test dan Paired Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran matematika dengan menerapkan model Problem Based learning (PBL) efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. kurang dari 0,05 dengan nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen 65,1389 dan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen adalah 74,6528; (2) pembelajaran matematika dengan menerapkan model konvensional tidak efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. lebih dari 0,05 dengan nilai rata-rata pretest kelompok kontrol 65,4730 dan nilai rata-rata posttest kelompok kontrol adalah 65,8108; (3) pembelajaran matematika dengan menerapkan model Problem Based learning (PBL) lebih efektif daripada pembelajaran konvensional untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. kurang dari 0,05 dengan nilai rata-rata posttest kelompok kontrol adalah 65,8108 dan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen adalah 74,6528. Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, pokok bahasan, Bangun Ruang Sisi Datar, model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 23 Aug 2016 07:29
Last Modified: 30 Jan 2019 10:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40446

Actions (login required)

View Item View Item