Prakoso, Fattah Aji and Sugiman, Sugiman (2016) EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
1 cover, persetujuan, pernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
2 kata pengantar.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
|
![]() |
Text
3 ABSTRAK Indonesia & Inggris.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
|
![]() |
Text
4 DAFTAR ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
|
|
Text
5 BAB I Pendahuluan.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
6 BAB II kajian pustaka.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
7 BAB III metode penelitian.pdf Download (365kB) | Preview |
|
![]() |
Text
8 BAB IV Hasil Penelitian dan pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
|
![]() |
Text
9 BAB V simpulan dan saran.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
|
Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) | Preview |
|
![]() |
Text
1 Standar Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Pertama Berdasarkan Permendiknas No.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
![]() |
Text
2 Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Matematika SMP.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
![]() |
Text
3 Standar Kompetensi.pdf Restricted to Registered users only Download (7kB) |
|
![]() |
Text
4 Silabus PEMBELAJARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
![]() |
Text
5 RPP PBL.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
|
![]() |
Text
6 RPP Konvensional.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
|
![]() |
Text
7 LKS PBL VALIDASI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
![]() |
Text
8 kunci LKS PBL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text
9 Kisi kisi soal pretest.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
![]() |
Text
10 soal Pretest.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
|
![]() |
Text
11 soal Posttest.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
|
![]() |
Text
12 kunci prettest.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
|
![]() |
Text
13 kunci posttest.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
![]() |
Text
14 daftar siswa kelas 8.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
![]() |
Text
15 DOKUMENTASI.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
|
![]() |
Text
16 HASIL SPSS.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi/semu dengan pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 106 siswa. Sampelnya adalah 36 siswa dari kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan 37 siswa dari kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Data yang digunakan adalah nilai rata-rata dari skor pretest dan skor posttest. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dilakukan dengan Kolmogorov-Smirnov Test dan uji homogenitas varians dilakukan dengan analisis uji levene statistic dengan bantuan program SPSS. Sedangkan uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test dan Paired Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran matematika dengan menerapkan model Problem Based learning (PBL) efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. kurang dari 0,05 dengan nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen 65,1389 dan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen adalah 74,6528; (2) pembelajaran matematika dengan menerapkan model konvensional tidak efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. lebih dari 0,05 dengan nilai rata-rata pretest kelompok kontrol 65,4730 dan nilai rata-rata posttest kelompok kontrol adalah 65,8108; (3) pembelajaran matematika dengan menerapkan model Problem Based learning (PBL) lebih efektif daripada pembelajaran konvensional untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. kurang dari 0,05 dengan nilai rata-rata posttest kelompok kontrol adalah 65,8108 dan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen adalah 74,6528. Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, pokok bahasan, Bangun Ruang Sisi Datar, model Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 07:29 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40446 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |