PENGEMBANGAN KARTU KARIR SEBAGAI MEDIA DALAM BIMBINGAN KARIR SISWA SD NEGERI SAMIRONO

Zati Hanani, Zati (2016) PENGEMBANGAN KARTU KARIR SEBAGAI MEDIA DALAM BIMBINGAN KARIR SISWA SD NEGERI SAMIRONO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Sripsi_Zati Hanani_11104244045.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul pengembangan kartu karir sebagai media dalam bimbingan karir siswa SD bertujuan untuk menghasilkan permainan kartu karir sebagai media bimbingan karir yang sesuai dengan karakter dan layak digunakan siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tahap pengembangan yang dilakukan adalah penelitian awal dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan draf produk awal, uji validasi ahli, revisi validasi ahli, uji coba lapangan awal, revisi uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, revisi hasil uji coba lapangan utama, uji lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Setelah melalui tahap pengembangan produk awal maka dihasilkan produk awal yang telah divalidasi oleh ahli materi dan media. Selanjutnya roduk diujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu uji coba lapangan awal yang terdiri dari 6 siswa, uji coba lapangan utama yang terdiri dari 15 siswa, uji lapangan operasional ang terdiri dari 30 siswa. Subyek uji coba produk adalah siswa kelas I, II, dan III SD Negeri Samirono, Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui angket pada saat uji coba. Hasil penelitian ini adalah kartu karir sebagi media bimbingan karir yang layak berdasarkan uji materi dan media. Hasil uji ahli materi yang meliputi 19 item pernyataan terkait dengan kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan tujuan bimbingan karir, maka diperoleh rata-rata skor 1 dengan kategori baik dan dinyatakan telah layak untuk digunakan. Hasil uji ahli media yang meliputi 47 item pernyataan terkait dengan tampilan desain grafik kartu karir, tampilan fisik kemasan, tampilan desain grafik kemasan, tampilan fisik kartu karir, kemudahan penggunaan, konsistensi, formasi artistik, kemanfaatan, daya dukung, aturan penggunaan, dan logo produsen dengan kategori baik dan dinyatakan telah layak untuk digunakan. Kata kunci: kartu karir, media permainan bimbingan karir.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 23 Aug 2016 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 10:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40444

Actions (login required)

View Item View Item