LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMK NEGERI 3 WONOSARI

DIYAN SEPTININGSIH, DIYAN SEPTININGSIH (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMK NEGERI 3 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) agar mahasiswa bisa mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, untuk diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal, dan umumnya lembaga pendidikan non formal. Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa mencangkup kompetensi sosial, pedagogik, profesional dan kepribadian. Secara umum, pelaksanaan PPL UNY 2014 meliputi empat tahapan yaitu: tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar di lapangan. Pelaksanaan program PPL UNY semester khusus 2014 yang berlokasi di SMK Negeri 3 Wonosari ini telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 1 Juli 2014 sampai 17 september 2014 dengan jumlah anggota kelompok terdiri dari 19 mahasiswa dari jurusan program studi Pendidikan Teknik Elektronika, Pendidikan Teknik Elektro, dan pendidikan Teknik Boga. Pelaksanaan program diisi dengan observasi kelas, konsultasi, pembuatan administrasi guru (perhitungan minggu efektif, membuat daftar hadir, membuat agenda harian guru, analisis SK-KD, pembuatan RPP berdasarkan kurikulum 2013, membuat materi ajar dan membuat media pembelajaran), praktik mengajar dan evaluasi. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di empat kelas, yaitu kelas XI EI1, XI EI2, XI EI3 dan kelas XI EI4. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung dengan jumlah tatap muka sebanyak sembilan kali pertemuan tiap kelas. Evaluasi meliputi pembuatan soal praktikum dan teori serta pembuatan tugas untuk siswa. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL, disusun untuk meningkatkan proses pengajaran dan proses belajar siswa. Selain itu, juga untuk melatih praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan input dan output yang andal. Secara keseluruhan Program PPL UNY 2014 ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2014, kegiatan PPL, SMK Negeri 3 Wonosari.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Aug 2016 03:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40443

Actions (login required)

View Item View Item