PENINGKATAN KOHESIVITAS KELOMPOK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA

Astia Visti Amaryani, Astia (2016) PENINGKATAN KOHESIVITAS KELOMPOK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_ASTIA VISTI AMARYANI_12104244032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena yang menunjukkan bahwa kohesivitas kelompok memiliki kecenderungan rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kohesivitas kelompok melalui teknik Bimbingan Kelompok Homeroom. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan, dengan subjek penelitian siswa SMP Negeri 14 Yogyakarta kelas VIID yang berjumlah 10 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus secara kolaborasi antara peneliti dengan guru bimbingan dan konseling. Pelaksanaan bimbingan kelompok homeroom dilakukan dalam 2 siklus dimana pada siklus I meliputi 2 tindakan dalam 2 pertemuan dan siklus II 2 tindakan dalam 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis, observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah skala kohesivitas kelompok, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Uji validitas menggunakan expert judgment. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitan yang telah dilakukan membuktikan bahwa bimbingan kelompok teknik homeroom dapat digunakan untuk meningkatkan kohesivitas siswa. Pada setiap siklus terjadi peningkatan untuk masing-masing aspek, yaitu aspek memiliki komitmen yang tinggi, aspek kerjasama, aspek memiliki tujuan yang sama dan aspek ketertarikan. Kata Kunci: kohesivitas kelompok, bimbingan kelompok teknik homeroom

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 23 Aug 2016 03:14
Last Modified: 30 Jan 2019 10:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40437

Actions (login required)

View Item View Item