LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN KERJA LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA N 1 SEWON BANTUL

Erwin Kumbara Tama, Erwin Kumbara Tama (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN KERJA LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA N 1 SEWON BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (566kB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini merupakan usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). PPL bertujuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang berkaitan dengan pendidikan yang dikuasainya ke dalam kehidupan masyarakat, dalam hal ini adalah masyarakat sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan atau calon guru yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan profesional. Oleh karena itu pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam menjelajahi realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Dalam kegiatan PPL ini mahasiswa dibantu untuk lebih mengenal, mengetahui, kemudian memahami lingkungan sekolah, sebagai pengalaman perjalanan mahasiswa yang ternyata dalam praktiknya bukan hanya guru dan murid sebagai komponen primer pendidikan, namun juga hadirnya beberapa komponen lain yang mempunyai peranan vital dalam kelancaran proses belajar mengajar atau pendidikan formal. Salah satu tempat yang menjadi lokasi program PPL UNY 2014 adalah di SMA N 1 Sewon yang beralamat Jln. Parangtritis KM. 05 Sewon, Bantul. Pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA 1 Sewon ini, mahasiswa mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian yang ditekuninya. Dalam persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa rencana pembelajaran dan pembuatan media pembelajaran yang sesuai serta sangat dibutuhkan dalam memperlancar proses belajar mengajar. Dalam setiap kali pertemuan atau praktek mengajar di lapangan, mahasiswa praktikan wajib membuat rencana pembelajaran sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang nantinya akan disampaikan kepada siswa. Kegiatan PPL yang telah terlaksana merupakan program individu yang tiap-tiap praktikan berbeda-beda dalam memberikan materi yang disesuaikan dengan mata pelajaran yang diampunya. Para praktikan (khususnya penulis) memberi materi pembelajaran di kelas X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3, X MIA 4, dan X MIA 5. Metode yang digunakan dalam praktek mengajar ini adalah diskusi informasi, tanya jawab dan diskusi kelompok. Berdasarkan uraian pelaksanaan PPL yang di laksanakan di SMA N 1 Sewon tanggal 1 Juli sampai penarikan, hasil yang telah dicapai adalah melakukan praktek mengajar dengan tatap muka sebanyak 27 kali. Pelaksanaan PPL ini dapat berjalan dengan baik berkat kerjasama semua pihak, yaitu mahasiswa, guru pembimbing dan seluruh warga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Universitas Negeri Yogyakarta, SMA N 1 Sewon
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:48
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40432

Actions (login required)

View Item View Item