PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SULAMAN HIBRIDA DI SMK DIPONEGORO YOGYAKARTA

Siti, Khusniyatun (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SULAMAN HIBRIDA DI SMK DIPONEGORO YOGYAKARTA. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Siti Khusniatun-11513247005.pdf

Download (228MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SULAMAN HIBRIDA DI SMK DIPONEGORO YOGYAKARTA Oleh: Siti Khusniyatun NIM. 11513247005 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Meningkatkan hasil belajar sulaman hibrida pada mata pelajaran menghias kain Di SMK Diponegoro Sleman Yogyakarta melalui model pembelajaran kooperatif tipeNumbered Head Together (NHT) . (2) Mengetahui pendapat siswa tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dalam pembuatan sulaman hibrida pada mata pelajaran menghias kain Di SMK Diponegoro Sleman Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI busana Butik SMK Diponegoro Yogyakarta sebanyak 27 siswa. Data dikumpulkan dengan tes unjuk kerja, wawancara dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) 27 siswa yang mengikuti pembelajaran sulaman hibrida dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus untuk kategori tuntas sebanyak 1 siswa (3,7%) dan kategori belum tuntas sebanyak 26 siswa (96,3%). Pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran sulaman hibrida dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I untuk kategori tuntas sebanyak 12 siswa (44,4%) dan kategori belum tuntas sebanyak 15 siswa (55,6%). Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran sulaman hibrida dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I untuk kategori tuntas sebanyak 26 siswa (96,3%) dan kategori belum tuntas sebanyak 1 siswa (3,7%). (2) Berdasarkan tabel di atas menunjukkan kecenderungan pendapat siswa mengenai pembelajaran model kooperatif tipe NHT sebagian besar dalam kategori sangat senang sebanyak 22 siswa (81,5%) dan sisanya kategori senang sebanyak 5 siswa (18,5%). Kata Kunci: model pembelajaran tipe numbered heads together, hasil belajar, sulaman hibrida

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 10:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40422

Actions (login required)

View Item View Item