UPAYA MENINGKATKAN SIKAP EMPATI MELALUI METODE STORYTELLINGPADA SISWA KELAS IV SD NEGERI CATURTUNGGAL 3 DEPOK SLEMAN

Ela estiyana, Ela (2016) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP EMPATI MELALUI METODE STORYTELLINGPADA SISWA KELAS IV SD NEGERI CATURTUNGGAL 3 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Ela Destiyana_12104244052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap empati melalui metode storytelling pada siswa kelas IV SD Negeri Caturtunggal 3 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Caturtunggal 3 Depok Sleman yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari 6 tindakan yaitu cerita Kentang Ajaib, Ibu Bermata Satu, Rasulullah dan Pengemis Buta, Sepeda Motor Baru, Ibu Pemungut Beras dan Dibuang ke Hutan. Metode pengumpulan data menggunakan skala sikap empati, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Reliabilitas skala sikap empati sebesar 0,870. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap empati dapat ditingkatkan melalui metode storytelling. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil persentase rata-rata skor pre test, post test I dan post test II yang mengalami peningkatan dari 58,89 % menjadi 74,76 % dan meningkat lagi menjadi 79,29 %. Dari hasil tersebut, penelitian dapat dihentikan karena telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditargetkan yaitu 75 % dari persentase skor rata-rata sikap empati siswa. Interpretasi hasil observasi dan wawancara menunjukkan siswa telah mampu memunculkan sikap empati. Kata kunci : sikap empati, storytelling

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:31
Last Modified: 30 Jan 2019 10:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40420

Actions (login required)

View Item View Item