LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 WONOSARI Jl. Pramuka No. 8 Tawarsari, Wonosari, Gunungkidul

Fitria Krisna Saputra, Fitria Krisna Saputra (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 WONOSARI Jl. Pramuka No. 8 Tawarsari, Wonosari, Gunungkidul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
00 cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 kata pengantar.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 daftar isi.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 DAFTAR TABEL.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 BAB I.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB III.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, jurusan kependidikan yang pelaksanaannya dilakukan di lingkungan sekolah. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dikuasainya ke dalam kehidupan nyata di sekolah. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai syarat dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Dalam pelaksanaan PPL yang dilaksanakan di SMK Negeri 3 Wonosari ini dimulai pada tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran perlu melakukan persiapan, diantaranya pembuatan administrasi guru yang meliputi: Silabus, RPP, materi ajar, modul praktik, program semester, program tahunan, dll. Tujuan utama adalah dapat mengenali situasi dan kondisi sekolah menengah kejuruan,memperoleh pengalaman dalam mengajar di sekolah menengah kejuruan, mempelajari dan menyusun administrasi guru selama satu tahun secara baik dan benar, terampil menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), terampil melakukan proses kegiatan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan menguasai delapan ketrampilan dasar dalam proses belajar mengajar. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di empat kelas, yaitu kelas X AV 1, X AV 2, X AV 3, X EI 1. Dari keseluruhan praktik mengajar praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 5 kali tatap muka. Selama PPL, praktikan juga menyusun program- program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam pengalaman dalam mengajar dan mengelola kondisi kelas, baik itu kelas teori maupun kelas praktik. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi dengan adanya semangat dan perjuangan yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:24
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40417

Actions (login required)

View Item View Item