Fitria Krisna Saputra, Fitria Krisna Saputra (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 WONOSARI Jl. Pramuka No. 8 Tawarsari, Wonosari, Gunungkidul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
00 cover.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
01 HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
02 kata pengantar.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
03 daftar isi.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
04 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
05 DAFTAR TABEL.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
06 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
07 abstrak.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
08 BAB I.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
09 BAB II.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
10 BAB III.pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, jurusan kependidikan yang pelaksanaannya dilakukan di lingkungan sekolah. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dikuasainya ke dalam kehidupan nyata di sekolah. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai syarat dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Dalam pelaksanaan PPL yang dilaksanakan di SMK Negeri 3 Wonosari ini dimulai pada tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran perlu melakukan persiapan, diantaranya pembuatan administrasi guru yang meliputi: Silabus, RPP, materi ajar, modul praktik, program semester, program tahunan, dll. Tujuan utama adalah dapat mengenali situasi dan kondisi sekolah menengah kejuruan,memperoleh pengalaman dalam mengajar di sekolah menengah kejuruan, mempelajari dan menyusun administrasi guru selama satu tahun secara baik dan benar, terampil menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), terampil melakukan proses kegiatan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan menguasai delapan ketrampilan dasar dalam proses belajar mengajar. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di empat kelas, yaitu kelas X AV 1, X AV 2, X AV 3, X EI 1. Dari keseluruhan praktik mengajar praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 5 kali tatap muka. Selama PPL, praktikan juga menyusun program- program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam pengalaman dalam mengajar dan mengelola kondisi kelas, baik itu kelas teori maupun kelas praktik. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi dengan adanya semangat dan perjuangan yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 02:24 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40417 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |