Anggraini Bhuwaneswary, Anggraini (2016) PERILAKU BELANJA ONLINE DAN KONTROL DIRI MAHASISWA BELITUNG DI YOGYAKARTA TAHUN 2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
![]() |
Text
SKRIPSI_ANGGRAINI BHUWANSWARY_12104241033.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kemudahan dalam belanja online sehingga memungkinkan mahasiswa mudah tertarik untuk terus belanja online karena belanja hanya untuk memenuhi keinginan dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku belanja online mahasiswa Belitung di Yogyakarta dan mengetahui hubungan antara perilaku belanja online dan kontrol diri mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Belitung yang kuliah di Yogyakarta tahun 2016 sebanyak 211 mahasiswa. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan hasil 138 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,786 untuk kontrol diri. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku belanja online mahasiswa Belitung yang kuliah di Yogyakarta tahun 2016 dengan nilai korelasi sebesar -0,462 dengan signifikansi p = 0,00 (<0,05), maka Ha diterima. Koefisien determinasi sebesar 21,3%, menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel cukup kuat. Kata kunci: perilaku belanja online, kontrol diri
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 02:16 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40414 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |