PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA KOMPETENSI SISTEM REM SISWA KELAS XI TKR SMK MA’ARIF 1 WATES

Anshory, Bastian (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA KOMPETENSI SISTEM REM SISWA KELAS XI TKR SMK MA’ARIF 1 WATES. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ BASTIAN ANSHORY_10504244010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA KOMPETENSI SISTEM REM SISWA KELAS XI TKR SMK MA’ARIF 1 WATES Oleh: Bastian Anshory NIM. 10504244010 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash pada kompetensi sistem rem siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Ma’arif 1 Wates. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian dan Pengembangan (Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model penelitian dari Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov menjadi 5 langkah. Proses penelitian ini yaitu: (1) analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Pengembangan produk menggunakan software Macromedia Flash. Subjek uji coba adalah ahli materi 1 orang dan ahli media 1 orang, semua subjek uji coba adalah dosen Teknik Otomotif UNY. Uji coba skala kecil 10 siswa dan uji coba skala besar 30 siswa, semua subjek uji coba adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Tempat penelitian dilaksanakan di SMK Ma’arif 1 Wates. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan menggunakan instrumen berupa lembar penilaian untuk para ahli (expertjudgement), kuesioner (angket) untuk siswa. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Media pembelajaran interaktif sistem rem berupa folder berisikan 2 files berbentuk flash movie (.swf) dengan besar memori data 12 MB (Mega Bytes) dan berbentuk windows projektor (.exe) dengan besar memori data 4 MB. Media pembelajaran ini compatible dengan berbagai macam Operating Sistem (OS). (2) Hasil kelayakan media pembelajaran sistem rem berbasis Macromedia Flash sebagai berikut: ahli media mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,41 atau sangat layak, ahli materi mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,15 atau layak, guru mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,43 atau sangat layak, uji coba lapangan skala kecil mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,30 atau layak, uji coba lapangan skala besar mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,41 atau sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran interaktif sistem rem berbasis Macromedia Flash Layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: R&D, media pembelajaran, Macromedia Flash, sistem rem.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 10:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40406

Actions (login required)

View Item View Item