PENYESUAIAN DIRI SISWA DROP OUT DARI SEKOLAH MENENGAH SEMINARI

Antonius Setiaji Hardono, Antonius (2016) PENYESUAIAN DIRI SISWA DROP OUT DARI SEKOLAH MENENGAH SEMINARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Antonius Setiaji Hardono_12104241038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyesuaian diri siswa drop out dari Sekolah Menengah Semianri. Ditinjau dari penyesuaian diri terhadap perubahan fisik, perubahan psikologis dan aspek-aspek penyesuaian diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan metodologi studi kasus. Subjek penelitian adalah tiga siswa drop out dari Sekolah Menengah Seminari, sedang melanjutkan pendidikannya di sekolah umum, dan masih berada pada masa remaja. Setting penelitian ini berada di kota Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mengklarifikasikan analisis data dalam tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (a). Perubahan fisik, ketiga subjek mengalami perubahan yang sama dengan remaja pada umumnya yaitu terbentuknya remaja laki-laki sebagai bentuk khas laki-laki. (b). Perubahan psikologis, perubahan yang dialami ketiga subjek adalah mereka memiliki kemampuan mengolah emosi dengan baik sehingga membuat para subjek dapat menyesuaikan diri di lingkungan mereka yang baru. (c). Aspek penyesuaian diri. Aspek pertama adalah persepsi terhadap realitas, ketiga subjek merasa nyaman berada di lingkungan yang baru dan menerima realitas bahwa mereka sudah bukan siswa Seminari lagi. Aspek kedua adalah dapat mengatasi stress dan kecemasan, ketiga subjek memiliki kemampuan mengatasi stress dan kecemasan yang baik sehingga masalah yang ada tidak menjadi beban yang berkelanjutan. Aspek ketiga memiliki gambaran diri yang positif. Ketiga subjek menyadari bahwa mereka memiliki kelebihan dan ada hal yang menarik dari diri mereka. Aspek keempat dapat mengekspresikan emosi dengan baik. Ketiga subjek memiliki cara yang sama dalam mengekspresikan emosinya yaitu dengan santai dan tidak menjadikannya beban. Aspek kelima hubungan interpersonal yang baik. Ketiga subjek memiliki hubungan yang baik dengan keluarga dan teman-teman mereka. Kata kunci: penyesuaian diri, siswa drop out, Sekolah Menengah Seminari

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 23 Aug 2016 01:56
Last Modified: 30 Jan 2019 10:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40404

Actions (login required)

View Item View Item