EVALUASI PELAKSANAAN E-LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF DI SMK N 2 PENGASIH

Ahmadi, Arif (2016) EVALUASI PELAKSANAAN E-LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF DI SMK N 2 PENGASIH. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Arif Ahmadi 10504244029.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran sistem kelistrikan dengan menggunakan e-learning di SMK N 2 Pengasih berdasarkan : (1) pemahaman dan pengelolaan program e-learning yang dilakukan oleh guru, (2) pemahaman pembelajaran berbasis e-learning yang dimiliki oleh siswa, (3) Ketersediaan sarana dan prasarana yang terdapat di SMK N 2 Pengasih dalam melaksanakan pembelajaran berbasis e-learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan metode angket baik untuk guru maupun siswa berdasarkan model evaluasi CIPP(context, input, process, product). Sedangkan untuk ketersediaaan sarana dan prasarana yang terdapat di SMK N 2 Pengasih menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah 4 guru sistem kelistrikan teknik otomotif dan siswa kelas X yang terdiri dari 96 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor yang diperoleh guru berdasarakan pemahaman dan pengelolaan e-learning dengan menggunakan metode evaluasi CIPP termasuk dalam kategori sedang dan mencapai presentase sebesar 74,33%, dengan rincian masing-masing aspek adalah sebagai berikut : (1) aspek context sebesar 81,25%, (2) aspek input 83,93%, (3) aspek process 57,15%, (4) aspek product 75%. Sedangkan skor yang diperoleh siswa berdasarkan pemahaman pembelajaran menggunakan e-learning dengan menggunakan metode evaluasi CIPP termasuk dalam kategori sedang dan mencapai presentase sebesar 73,90%, dengan rincian masing-masing aspek adalah sebagai berikut : (1) aspek context 80,56%, (2) aspek input 65,43%, (3) aspek process 74,88%, (4) aspek product 74,75%. Berdasarkan pembahasan yang diperolah dari hasil obesrvasi dan dokumentasi menunjukkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana yang terdapat di SMK N 2 Pengasih sudah cukup lengkap dan masih layak digunakan dalam melaksanakan pembelajaran berbasis elearning, hanya akses internetnya saja yang masih lambat sebesar 0,22 Mbps sedangkan kecepatan rata-rata di Indonesia adalah 3 Mbps. Kata Kunci: e-learning, model evaluasi CIPP.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Aug 2016 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 10:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40402

Actions (login required)

View Item View Item