LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 20014/2015 SMK Negeri 1 Sewon Pulutan Pendowoharjo Sewon Bantul

Agnes Dian Saputri, Agnes Dian Saputri (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 20014/2015 SMK Negeri 1 Sewon Pulutan Pendowoharjo Sewon Bantul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
AGNES DIAN SAPUTRI.pdf

Download (135MB) | Preview

Abstract

Kegiatan KKN–PPL merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, sekolah, dan atau lembaga masyarakat lainnya sekaligus sebagai upaya untuk memberdayakan mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh selama di Perguruan Tinggi. Sebelum kegiatan Kuliah Kerja Nyata dan Praktik Pengalaman Lapangan (KKN–PPL) dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan observasi yang bertujuan untuk mengenali atau menganalisis kondisi sekolah/lembaga. Dengan demikian mahasiswa dapat menyusun dan menentukan program yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah/lembaga. Adapun program KKN yang telah dilaksanakan adalah (1) Pelatihan Fruit Carving dan Garnish untuk guru- guru di SMK N 1 Sewon, khususnya guru boga, (2) Piket di ruang jaga (loby SMK N 1 Sewon), piket UK, (3) Pelatihan Juggling untuk siswa siswi SMK N 1 Sewon, khususnya jurusan boga, (4) Lomba cerdas cermat, kreasi kudapan, dan servis untuk siswa jurusan boga pada perayaan ulang tahun sekolah. Sedangkan program PPL yang dilaksanakan meliputi Praktik mengajar terbimbing dan mandiri, dan pembuatan materi ajar ataupun lembar evaluasi siswa guna mendukung kegiatan mengajar di kelas dan pembuatan media pembelajaran. Secara umum, semua program dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai rencana. Namun demikian, masih banyak kekurangan dan perlu adanya tindak lanjut di masa yang akan datang. Besarnya dukungan dari pihak sekolah terhadap mahasiswa KKN-PPL sangat membantu dalam menjalankan programprogramnya. Dalam pelaksanaan program kerja tersebut, tentunya ada hambatan, namun dapat segera diatasi dan terselesaikan dengan baik berkat kerjasama yang baik dengan semua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2013, SMK N 1 Sewon
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Aug 2016 01:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40401

Actions (login required)

View Item View Item