PENGARUH METODE LATIHAN MENGGUNAKAN NET TERHADAP KEMAMPUAN OVERHEAD PASS PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMA NEGERI 1 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG

Pradana, Yoga Wahyu (2016) PENGARUH METODE LATIHAN MENGGUNAKAN NET TERHADAP KEMAMPUAN OVERHEAD PASS PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMA NEGERI 1 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Yoga Wahyu Pradana_12601241046.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya variasi latihan sehingga teknik overhead pass masih belum benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan menggunakan net terhadap kemampuan overhead pass peserta ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment design atau eksperimen semu, dengan one group pretest and posttest design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri 1 Randudongkal yang berjumlah 20 peserta berusia 16-18 tahun. Instrumen yang digunakan adalah tes overhead pass ke arah sasaran modifikasi dari item tes passing Johnson Basket Ball Test dengan tingkat validitas 0,786 dan reliabilitas 0,826. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji t (paired sample t test). Hasil analisis data menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara latihan menggunakan net terhadap kemampuan overhead pass peserta ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 1 Randudongkal. Hasil uji-t diperoleh nilai thitung (18,634) > t(0,05)(19) (2,093)dan P (0,000) < α (0,05), maka terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kemampuan overhead pass. Presentase peningkatan tersebut sebesar 49,81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan menggunakan net terhadap kemampuan overhead pass peserta ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, latihan, net, overhead pass
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Aug 2016 07:28
Last Modified: 30 Jan 2019 10:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40397

Actions (login required)

View Item View Item