LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 2014 DI SMA N 5 PURWOREJO JL.MAGELANG KM 7, LOANO, PURWOREJO

Desti Kurniawati, Desti Kurniawati (2014) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 2014 DI SMA N 5 PURWOREJO JL.MAGELANG KM 7, LOANO, PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL DESTI KURNIAWATI SENI TARI 11209244023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta Semester Khusus tahun akademik 2013-2014 Program Studi Pendidikan Seni Tari, Fakultas Bahasa dan Seni, yang berlokasi di SMA N 5 Purworejo. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat mempraktikan secara langsung proses belajar-mengajar di kelas, mengenai lingkungan sekolah dengan segala permasalahan yang dihadapi, melakukan analisa dan membuat solusi pemecahan masalah, serta mempraktekan semua teori yang telah didapat di bengkum perkulihan disekolah yang bersangkutan. Metode yang diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah praktik langsung dengan cara observasi, analisa dan diagnosa serta pelaksanaan di lokasi sekolah dalam kurun waktu dua setegah bulan, yang meliputi pengamatan sarana-prasarana, lingkungan dan kegiatan belajar mengajar. Sementara itu kesiapan proses mengajar yang terdiri dari Program Tahunan, Program Semester, Satuan Pelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran harus dipersiapkan oleh guru sebelum proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan guna memperlancar Proses Belajar Mengajar (PBM) di kelas. Kesiapan lingkungan harus juga diciptakan diantara lingkungan dalam lembaga sekolah yang bersangkutan (guru, karyawan dan siswa) dengan lingkungan luar sekolah (masyarakat). Peran praktekan (mahasiswa) dituntut untuk berpartisipasi pula menciptakan kesiapan lingkungan yang baik. Hasil selama dua setegah bulan praktekan melakukan PPL di lokasi sekolah (SMA N 5 Purworejo) memperoleh banyak hal, yang pertama adalah meningkatkan kemampuan bberadaptasi praktikan dengan lingkungan sekolah baik di dalam kelas maupun luar sekolah, kemampuan melakukan proses belajar-mengajar di kelas semakin terasah, meningkatkan kemampuan menganalisa dan menyusun solusi permasalahan yang setiap hari muncul dan mampu melaksanakan praktik yang kreatif ketika melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar maupun Proses Belajar Mengajar di kelas sehingga pelajaran Seni Budaya menjadi bidang studi yang tidak membosankan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Aug 2016 01:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40390

Actions (login required)

View Item View Item