PENGARUH MEMBACA ALQURAN TERHADAP KESTABILAN EMOSI SISWA KELAS XI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Harris Fadhillah, Harris (2016) PENGARUH MEMBACA ALQURAN TERHADAP KESTABILAN EMOSI SISWA KELAS XI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Harris Fadhillah_11104241064.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kebiasaan membaca Alquran siswa kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta yang belum diteliti dampaknya bagi kestabilan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh membaca Alquran terhadap kestabilan emosi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 89 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala kestabilan emosi dan skala membaca Alquran. Uji validitas instrument menggunakan validitas isi dengan expert judgement, sedangkan reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus alpha cronbach. Nilai koefisien reliabilitas alpha (α) pada skala kestabilan emosi sebesar 0,755 sedangkan pada skala membaca Alquran sebesar 0,561. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi sederhana. Hasil uji regresi menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,049 (sig < 0,05) yang berarti membaca Alquran memberikan pengaruh terhadap kestabilan emosi siswa kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Persamaan regresi pada penelitian ini adalah Y=42,487. Berdasarkan tabel RSquare, koefisien determinasi sebesar 0,044 yang berarti sumbangan variabel membaca Alquran terhadap kestabilan emosi sebesar 4,4%. Kata kunci: kestabilan emosi, membaca Alquran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 23 Aug 2016 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 10:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40381

Actions (login required)

View Item View Item